Tokoh Agama yang Berbeda Jadi Bagian Penting Persatuan Indonesia

Tokoh Agama yang Berbeda Bagian Penting Persatuan Indonesia
FOTO BERSAMA: Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan Rais Aam PBNU KH KH Miftachul Akhyar foto bersama dengan peserta pembukaan Forum Agama G20 atau lazim disebut Religion of Twenty (R20) di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11). ()
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Presiden Buka Forum R20 di Bali

BALI, Hajinews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan dalam pembukaan Forum Agama G20 atau lazim disebut Religion of Twenty (R20) di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali. Kepada delegasi yang hadir dalam Forum R20, Jokowi mengucapkan selamat datang di Indonesia, negara yang terdiri dari 17.000 pulau dengan 3 zona waktu berbeda.

Dalam sambutanya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa  Indonesia adalah negara yang sangat majemuk dalam suku bahasa dan agama. Namun, Indonesia dipersatukan ideologi negara yaitu pancasila. Indonesia juga  dipersatukan oleh toleransi dan persatuan yaitu Bhineka Tunggal Ika.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bahkan keberadaan tokoh-tokoh agama yang berbeda juga menjadi bagian penting dalam mempersatukan Indonesia.  “Tokoh-tokoh agama yang berbeda telah menjadi bagian utama dari perjuangan  kemerdekaan Indonesia. Tokoh-tokoh agama yang berbeda juga menjadi menjadi bagian penting untuk mempersatukan Indonesi.  Bahkan tokoh agama yang berbeda juga menjadi bagian penting untuk menyukseskan program pembangunan pemerintah Indonesia,” kata Jokowi dalam sambutan pembukaan Forum R20 di Hotel Grand Hyatt, Rabu 2 November 2022.

Jokowi juga menegaskan bahwa keberhasilan Indonesia saat ini termasuk dalam penangan COVID-19  juga berkat kontribusi tokoh-tokoh agama. “Masjid, gereja, pura, vihara, dan klenteng telah menjadi pusat literasi masyarakat di berbagai bidang, gotong royong, lintas tokoh agama juga menjadi kebanggan Indonesia,” lanjut Jokowi.

Hal yang juga sangat penting, kata Jokowi, tokoh-tokoh agama dari agama yang berbeda harus terus bekerjasama meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia. “Yang juga sangat penting adalah kita tokoh agama dari berbagai agama dan dari berbagai agama harus bekerjasama untuk meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia untuk mengurangi rivalitas dan menghentikan perang demi dunia yang damai  dunia yang bersatu dan dunia yang bekerjasama untuk mewariskan kebaikan bagi generasi mendatang,” kata Jokowi.

Kunjungi Jateng

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengatakan, usai penyelenggaraan R20 di Bali, pihaknya akan membawa serta partisipan mengunjungi Yogyakarta dan Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

“Dari Bali, pada tanggal 4 November 2022, kita akan mengajak peserta ke Yogyakarta,” kata Gus Yahya, usai upacara pembukaan, di Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11).

Saat ini, G20 Religion Forum (R20) resmi digelar di Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022). Perhelatan akbar berskala internasional itu akan mempertemukan pemimpin agama-agama dunia untuk duduk bersama dan membangun dialog yang jujur dan lugas mengenai kontribusi agama bagi peradaban dunia.

Gus Yahya menjelaskan, seluruh rangkaian kunjungan ke Yogyakarta dan Magelang itu ditujukan untuk menunjukkan harmoni Indonesia. Ia berharap, replika keragaman budaya pada dua daerah tersebut bisa menginspirasi dan menjadi sumbangan Indonesia bagi perdamaian global.

“Untuk memperlihatkan kenyataan Indonesia yang heterogen, tapi toleran dan harmonis yang bisa menjadi inspirasi yang disumbangkan Indonesia,” ujar dia.

Menurut jadwal panitia, usai dari Bali, rombongan partisipan R20 akan bertolak ke Yogyakarta pada Jumat, 4 November 2022. Mereka secara berurutan akan mengunjungi Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan, Universitas Islam Indonesia, lalu Pondok Pesantren Pandanaran.

Forum R20 International Summit of Religious Leaders mengangkat tema “Revealing and Nurturing Religion as a Source of Global Solutions: A Global Movement for Shared Moral and Spiritual Values.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *