Anjing Menggongong, Keadilan Jalan Terus

Keadilan Jalan Terus
Keadilan Jalan Terus, Foto: istock
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Alex Wibisono

Hajinews.id – Wualaaah…politik identitas terus yang digembor-gemborin. Tunjukin bro. Mana buktinya? Jangan hanya di mulut lu aja.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Lu bilang Anies intoleran. Lu buktikan, dimana intolerannya? Selama Anies 5 tahun pimpin DKI, lu lihat ada diskriminasi? Lu lihat ada perlakuan yang beda antar agama? Lu lihat ada sikap yang berbeda antar etnis? Lu lihat pelayanan yang berbeda antar pendukung?

Bro, coba buktikan. Atu aja. Dimana diskriminasi Anies? Kalau lu kagak bisa buktiin, kenapa mulut lu kagak berhenti menfitnah?

Lu gembar gembor Anies menggunakan politik identitas. Lu tunjukin atu aja bukti kalau ada ucapan Anies menggunakan politik identitas. Atu aja bro. Pernah Anies bilang: “umat Islam harus pilih calon muslim”. Pernah? Pernah Anies kutip ayat atau hadis untuk melegitimasi dukungan kepadanya? Atu aja bro. Ampe lebaran kuda, lu kagak pernah bisa buktiin.

Temen-temen lu, si A, udah nyinggung etnis Timur. Temen lu si B, hajar ustazah pesantren. Temen lu si C, bawa-bawa agama. Suruh umat beragama itu kagak pilih Anies. Loh, lu dan temen-temen lu yang intoleran, kenapa lu salahin Anies?

Dengerin lagu Iwan Fals ini bro. Lagu cocok buat lu.

“Maling Teriak Maling…
Sembuyi balik dinding…
Terkejut, lari terkecing-kencing…
Tikam dari belakang…
Lawan lengah ditendang…
Lalu sibuk mencari kambing hitam..
La..la..la..”

Lu yang melakukan politik identitas, lu cari kambing hitam ke Anies. Lama kelamaan, masyarakat tahu kelakuan lu bro. Sekarang udeh mulai kebuka.

Rakyat yang masih waras, gue tantang nih, intoleransi Anies dimana? Tunjukin. Kagak bakal sanggup lu nunjukin. Tanyain pimpinan NU dan Muhammadiyah di Jakarta. Tanyain pimpinan gereja dan wihara. Lu tanya temen-temen lu yang dulu kagak dukung Anies. Mereka diperlakukan sama. Dimana politik identitasnya? Dimana diskriminasinya? Pala lu?

Jakarta tenang dan nyaman. Lu tahu kenapa? Karena semua diperlakukan sama. Semua dilayani dengan adil. Semua, tanpa kecuali, dapat perlakuan yang sama sekali tidak ada bedanya. Dan orang-orang yang bikin gaduh kayak lu, dicuekin. Kagak dianggep. “Anjing menggonggong, keadilan jalan terus”.

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” sila ke-5 dalam pancasila itu jargon Anies. Percuma jadi Gubernur kalau kagak bersikap adil. Percuma jadi presiden, entar 2024, kalau kagak bisa berbuat adil. Adil ini standar menilai pemimpin bro.

Lu pernah denger ada pihak lawan yang diperkarakan Anies gegara serang Anies? Lu pernah lihat ada yang dilaporkan Anies ke polisi gegara fitnah Anies? Pernah Anies menggunakan UU ITE untuk menyerang balik lawannya? Kagak pernah bro.

Jakarta itu ibu kota. Jakarta milik semua warga, bahkan seluruh rakyat Indonesia. Agama, etnis dan pendukung yang berbeda-beda, semua diperlakukan sama. Ini yang kadang membuat beberapa gelintir pendukung Anies gerutu: kok baik banget sama orang-orang yang selama ini menyerang dan memusuhinya. Pemimpin memang harus tahan kritik dan cacian. Kagak boleh cemen.

Ada politisi yang mungkin setiap pekan serang Anies di Media. Tapi project di DKI buat die jalan terus. Lancar dan kagak pernah dihentikan oleh Anies. “Selama itu bener, sesuai prosedur dan aturan, tolong jangan diganggu” kata Anies kepada semua anak buahnya. Ini instruksi, katanya. Padahal, orang-orang ini rajin nyerang Anies di media. Siape mereka? Cari tahu sendiri bro.

Yang begini-begini masyarakat kagak tahu kan? Gue juga denger dari orang lain bro.

Makanya, hati-hati baca sikap orang. Suka pada main drama. Pura-pura nyerang, itu politis bro.

Termasuk orang yang demen banget bilang Anies intoleran. Anies menggunakan politik identitas. Itu semua politis bro. Kagak bakal bisa ngebuktiin. Memang bukan buat dibuktiin. Itu cuma serangan politik. Fitnah dong? Ya iyalah.

Depok, 6/11/2022

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *