Jateng Juara Umum Festival PAI Tingkat Nasional 2022

Jateng Juara Umum Festival PAI
FOTO BERSAMA: Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kanwil Kementerian Agama Imam Buchori foto bersama dengan Kontingen Jawa Tengah yang menjadi juara umum pada Festival PAI SMA-SMK dan Gebyar PAI tingkat Nasional 2022 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang Selatan, belum lama ini.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



SEMARANG, Hajinews.id – Kontingen Jateng menjadi juara umum pada Festival PAI SMA-SMK dan Gebyar PAI tingkat Nasional 2022. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang Selatan belum lama ini.

Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kanwil Kementerian Agama Imam Buchori menjelaskan, kegiatan itu bertujuan menguatkan pemahaman dan literasi moderasi beragama pada para pelajar dan tenaga pendidik di sekolah. Festival dan Gebyar PAI tahun ini merupakan gabungan dua acara sekaligus.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Festival PAI diselenggarakan dengan target siswa SMA dan SMK, sedangkan Gebyar PAI pada dasarnya adalah ajang kreativitas bagi para peserta didik dan guru yang mengajar PAI PAUD/TK. Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng Musta’in Ahmad mengapresiasi capaian yang telah diperoleh kontingen Jawa Tengah. “Tahun ini alhamdulillah kontingen Jateng berturut-turut menorehkan prestasi di kancah nasional,” ”Kini kontingen Jateng yang mengikuti Festival PAI dan Gebyar PAI meraih juara umum,” katanya.

”Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan bukti bahwa Jateng memang hebat,” katanya. Menurut Musta’in. semua ini juga tak lepas berkat doa dan dukungan dari sedulur majeng. Selain menggelar berbagai kegiatan yang bersifat kompetisi, Festival dan Gebyar PAI Tahun 2022 juga menyelenggarakan ekshibisi penampilan para siswa dari berbagai jenjang pendidikan, pelatihan MTQ oleh qari juara internasional, dan display karya ilmiah para Guru PAI.

Karya ilmiah tersebut berupa showcase 45 Jurnal Ilmiah PAI yang penyusunan dan penerbitannya didorong dan difasilitasi oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam. Dengan mengusung pendekatan Islam Cerdas, Islam Inovatif, dan Islam Berdaya, konsep lomba Festival PAI Tahun 2022 bagi siswa SMA dan SMK diwujudkan dalam bentuk lomba Islamic Trending Issues Debate Competition, Islamic Content Creator Challenge on Social Media, dan Moderasi Beragama Innovation Project.

Karya Inovasi

Sementara kategori lomba yang diadakan pada Gebyar PAI TK Tahun 2022 adalah Lomba Karya Inovasi Pembelajaran PAI di TK dan Lomba Cipta Lagu Moderasi Beragama (bagi guru Taman Kanak-Kanak), serta Dai Cilik (putra/putri), dan Hafalan Surat Pendek (putra/putri) bagi siswa PAUD/TK.

Sementara itu, Kabid PAI Kanwil Kemenag Provinsi Jateng Imam Buchori menyampaikan, para peserta sebelumnya telah melakukan berbagai tahap dan berharap event tersebut dapat menguatkan jalinan kerukunan antar-sesama. “Para peserta telah melakukan pendaftaran yang dibuka sejak 1 September 2022 dan selanjutnya dilakukan proses seleksi dan babak penyisihan yang digelar secara daring dan luring hingga Puncak Festival dan Gebyar PAI Tahun 2022 pada 26 Oktober 2022,” kata Imam.

Dengan adanya event ini, dia berharap para peserta dapat menguatkan dan mengimplentasikan moderasi agama, baik di lingkungan sekolah maupu masyarakat. Perolehan prestasi yang dicapai yaitu lomba Content Media Sosial diraih oleh Elva Angie Calista siswa SMA 2 Purwokerto Banyumas sebagai juara I, juara II diraih oleh Sultan Sasangka Jati siswa SMA Al Azhar 7 Solo Baru Sukoharjo, dan juara harapan III didapatkan Yuli Astuti siswa SMK Wijayakusuma Jatiwalang Banyumas. Untuk lomba Proyek Inovasi Moderasi Beragama diraih tim SMA Pradita Dirgantara Boyolali sebagai juara II.

Adapun untuk lomba Debat Isu Islam Kontemporer, tim siswa SMAN 1 Kudus meraih juara harapan II. Sementara lomba Cipta Lagu Moderasi Beragama, guru PAI TK Al Azhar 16 Cilacap sebagai juara III (Isya Setyaningsih). Untuk lomba Inovasi Pembelajaran PAI TK, guru PAI TK ABA Kertek Wonosobo, Zulimah, keluar sebagai juara III.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *