Pertemuan Biden-Xi Jinping Penting Dan Baik Bagi Dunia

Pertemuan Biden-Xi Jinping
Biden-Xi Jinping
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Alasan kedua, situasi geopolitik dan keamanan di Asia Timur dan Asia Tenggara sangat ditentukan oleh terbangunnya niat baik dan “mutual agreement” di antara AS dan Tiongkok untuk keduanya tidak menabrak “red line” dan kesedian untuk mengurangi tensi politik yang tinggi dewasa ini. Bahkan, hubungan baik kedua negara adi kuasa ini juga bisa mencegah makin memanasnya situasi di Semenanjung Korea dan Jepang. Kalau saya lanjutkan, hubungan baik mereka juga bisa membuka jalan baru, pendekatan baru, bagi pengakhiran peperangan di Ukraina yang dampaknya juga membuat tekanan besar bagi perekonomian dunia. Kedekatan Xi Jinping dengan Putin, bisa menjadikan pemimpin kuat Tiongkok itu sebagai jembatan yang dapat mengurangi kemacetan dan kemandegan diplomasi.

Tentu masih banyak lagi alasan yang lain perlunya AS dan Tiongkok dapat “bekerjasama” dalam mengatasi berbagai permasalahan kritis pada tingkat dunia. Andaikata kedua negara itu belum bisa bekerjasama dalam semua urusan, bahkan bilamanapun rivalitas dan permusuhan di antara keduanya masih berlangsung, tetapi untuk urusan perubahan iklim serta geopolitik dan keamanan di Asia, kita sungguh berharap mereka bisa menjadi bagian dari solusi. Sejarah mengajarkan bahwa pragmatisme yang positif diutamakan, dan pendekatan yang terlalu ideologis dikesampingkan. Semua negara tentu ingin memperjuangkan kepentingan nasionalnya masing-masing, tetapi kewajiban internasional mereka tak bisa ditinggalkan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Semoga pertemuan Presiden Biden dengan Presiden Xi Jinping di Bali, Indonesia ini membuat dunia bukan hanya bisa “bernafas lega”, tetapi lebih jauh (pada saatnya) dunia kita menjadi lebih aman, lebih adil dan lebih sejahtera.  A better world is always possible.

Jakarta, 14 November 2022

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *