Hikmah Pagi: Jangan Menunda-nunda Amalan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Al-Allamah, DR. Sholih Bin Fauzan -hafidzahullah- menuturkan :

إذا أصبحت فلا تؤخر العمل إلى الـليل ، تقول أعمـل هذا العمل بالليل ، بـل بادر به واعمله ، فلعلك لا تدرك الـليل ، وإذا أمسيت فلا تؤخر العمل والتوبة إلى الصبح ، لعلك لا تدرك الصبح ، فليس لك إلا الـساعة التي انت فيها ، فبادر ولا تؤجل اﻷعمال الصالحة والتوبة والاستغفار إلى وقـت آخـر .

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Tatkala anda berada diwaktu pagi, maka janganlah menunda amalan hingga masuk waktu malam, sambil berkata :”saya akan mengerjakan amalan ini nanti malam”. Namun lakukan segera, karena bisa jadi anda tidak mendapati waktu malam”.

“Demikian pula, tatkala anda berada diwaktu sore, maka janganlah menunda amalan dan taubat hingga masuk waktu pagi, bisa jadi anda tidak mendapati waktu pagi”.

“Tidak ada bagian anda, kecuali waktu yang saat ini anda berada padanya”

“Maka bersegera, dan jangan menunda amalan sholih, taubat dan istighfar hingga masuk waktu berikutnya”.

(Al-Minhatur Rabbaniyah, hal.286-287).

Alih Bahasa: Ustadz Hilal Abu Naufal حفظه الله
At-Tashfiyah wat Tarbiyah

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

بَادِرُوا بِالأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِى كَافِرًا أَوْ يُمْسِى مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنَ الدُّنْيَا

“Bersegeralah melakukan amalan sholih sebelum datang fitnah (musibah) seperti potongan malam yang gelap. Yaitu seseorang pada waktu pagi dalam keadaan beriman dan di sore hari dalam keadaan kafir. Ada pula yang sore hari dalam keadaan beriman dan di pagi hari dalam keadaan kafir. Ia menjual agamanya karena sedikit dari keuntungan dunia” (HR. Muslim no. 118).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *