Humor Gus Dur: Korsel Berjaya di Piala Dunia karena Peran Pelatih dari NU

Korsel Berjaya di Piala Dunia
Gus dur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Presiden keempat Republik Indonesia, KH Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur dikenal sering bercanda. Humor ini sebenarnya diciptakan oleh Gus Dur untuk meredakan ketegangan politik saat itu.

Salah satunya adalah cerita yang dipinjam dari buku Tertawa Bersama Gus Presiden Dur. Dalam buku itu, Gus Dur mengklaim salah satu pelatih sepakbola itu berasal dari Nahdlatul Ulama (NU). Ini mengejutkan dan menimbulkan pertanyaan. Apakah Gus Major serius atau hanya bercanda?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pernah, di Piala Dunia FIFA 2002, tim Korea Selatan (Korsel) melakukan prestasi luar biasa dengan mengalahkan tim Italia di babak 16 besar.

Menurut Gus Dur, prestasi Korsel itu tidak terlepas dari ‘sumbangan’ NU, karena pelatihnya bernama Guus Hiddink.

Sebutan ‘Gus’ adalah (panggilan) untuk anak-anak ‘darah biru’ di Jawa Timur, baik anak-anak kiai di pondok pesantren atau anak-anak priyayi Jawa. Asal-usulnya dari kata ‘Raden Bagus’, yaitu sebutan untuk priyai kecil, diubah menjadi ‘Den Bagus’ dan akhirnya ‘Gus’ saja.

Sedangkan Guus Hiddink adalah pelatih sepakbola kelas dunia yang berasal dari Belanda, tetapi namanya ditulis dengan dua huruf U.

Humor satu ini pernah menjadi salah satu favorit Gus Dur, karena kesukaannya terhadap sepak bola. Menariknya lagi, ternyata Gus Dur hafal hampir semua pemain sepak bola Eropa, bahkan sekalipun yang ejaannya sulit diucapkan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *