Hikmah Pagi: Allah Tidak Akan Menguji, Melebihi Kadar Kemampuan Hamba-Nya

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Tak menampakkan kesedihan, tak juga banyak tertawa, yang ada hanya berbaik sangka, Bahwa segala yang terjadi ada hikmahnya.

Tak berkecil hati, tak juga merasa kuat, yang ada hanya tetap bersabar, bahwa segala susah dan kesedihan pasti ada saatnya berakhir.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tak berkeluh kesah, tak juga diam seribu bahasa, yang ada berusaha tegar dan berdoa, Karena yakin bahwa Allah tak akan membebani hambanya melebihi kadar kemampuannya.

Tak harus meminta-minta, tak juga merasa tak membutuhkan, yang ada syukur, ikhtiar dan tawakal, Karena yakin bahwa Allah telah menentukan dan menjamin rezeki setiap hambanya.

Maka tiada hal yg dapat dilakukan sebagai seorang hamba ketika mendapatkan sesuatu yang tidak ia sukai selain ia harus tetap bersabar dan terima semua ketentuanNya.

Selanjutnya biarlah semua berjalan sebagaimana mestinya sambil terus berusaha dan menunggu setiap kejutan dariNya.

Sebab segala sesuatu yang menimpa kita, baik itu berupa ujian atau nikmat semua pasti ada hikmah yang terbaik untuk kita.

Imam Qotadah rahimahullah pernah berpesan;

“Hendaklah seseorang rela dengan takdir Allah, karena sesungguhnya takdir Allah untuk orang-orang mukmin dalam hal yang tidak disukai lebih baik bagi mereka daripada ketentuan Allah yang mereka sukai bagi mereka sendiri. (Tafsir Ibnu Katsir Dalam surat Al Kahfi : 80-81)

Dengan demikian maka kita harus berusaha ikhlas dan tetap berbaik sangka kepada Allah.

Dan satu hal yang senantiasa harus kita ingat dan yakini, bahwa Allah akan menguji kita dengan sesuatu yang kita sukai atau yang tidak kita sukai,

Tapi Allah tidak pernah menguji dengan sesuatu yang kita tidak sanggup menanggungnya.

Sungguh Allah Maha Baik kepada hambanya..

Maka atas dasar apa kita masih khawatir dengan ujian yg kita hadapi, Bila semua telah sesuai dengan kemampuan kita. Dan segala sesuatu juga telah berjalan di bawah kendali-Nya.

✍ Habibie Quotes, 28/02/20
Ig – www.instagram.com/habibiequotes_

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *