Pesan Prof. Quraish Shihab Untuk Para Suami

Pesan Prof. Quraish Shihab
Prof. Quraish Shihab
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Saat istri mulai mengandung, Prof. Quraish Shihab berpesan kepada para suami agar memberikan perhatian yang lebih kepada istrinya. Sebagaimana seorang petani yang terus ngopeni tanamannya selama masa pertumbuhan, demikian pula suami. Jangan hanya mau menanam benih tapi tidak mau merawatnya. Beri dukungan material maupun moral kepada istri.

Tidak berhenti di situ, setelah anak sebagai hasil ‘benih’ yang ‘ditanam’ lahir, kewajiban seorang suami adalah merawatnya. Prof. Quraish Shihab berpesan, “pelihara anakmu hingga dewasa agar kelak dapat bermanfaat untuk orang tua, keluarga, bahkan kemanusiaan.” Tentunya hal itu mencakup pemenuhan gizi dan nutrisi istri selama masa menyusui. Istri juga memiliki peran tersendiri selama masa tumbuh kembang anak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Demikian pesan dan kesan yang terkandung dalam penamaan istri sebagai ladang tempat bercocok tanam (نِسَاۤؤُكُمْ حَرْثٌ لَّكُمْ) menurut Prof. Quraish Shihab. Penjelasan beliau di atas seharusnya menjadi perhatian bagi para suami maupun para calon suami yang sedang menyiapkan diri menuju jenjang pernikahan. Jangan sampai seorang suami hanya memikirkan ego sendiri tanpa memikirkan kondisi istrinya. Apalagi sampai berbuat semena-mena. Semoga Allah menghindarkan kita semua dari perbuatan zholim tersebut.

Di akhir tulisan, sebagai penguat dari pesan Prof. Quraish Shihab, izinkan saya mengutip pesan dari Dr. Lilik Ummi Kaltsum untuk para suami. Beliau menegaskan,”Istri jangan hanya dijadikan ‘tempat pembuangan cairan’ saja!”

Wallahu A’lam bis Showab.