Jangan Telat, Jokowi dan Sri Mulyani Bawa Kabar Baik Nih!

Foto: Presiden Joko Widodo Hadiri Rapat Konsolidasi Nasional Kesiapan Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024,2/12/2022 (Tangkapan Layar via Youtube Sekretariat Presiden)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membagikan kabar baik untuk masyarakat Indonesia. Kabar ini berkaitan dengan kondisi perekonomian Tanah Air yang semakin kuat.

Presiden Jokowi sampaikan menyangkut industri baterai dan kendaraan listrik yang bisa memberikan keuntungan berlipat ganda bagi perekonomian Indonesia. Seiring dengan, keberhasilan program hilirisasi nikel.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurutnya, selama ini Indonesia hanya mengekspor bijih nikel, dan memberikan nilai tambah bagi ekspor sebesar US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 18 triliun. Namun, saat hilirisasi nikel berjalan, hingga berupa produk stainless steel, nilai ekspor meningkat 18 kali lipat menjadi sekitar Rp 320 triliun.

Jika hal ini dikembangkan lagi menjadi baterai kendaraan listrik (electric vehicle/ EV) atau bahkan kendaraan listrik, maka menurutnya nilai tambah bagi negara akan jauh lebih besar lagi.

“Itu hanya urusan dari nikel mentah menjadi stainless steel, belum menjadi EV Battery atau jadi mobil atau pesawat, industrinya ada di sini, saya gak tahu mungkin berpuluh-puluh kali lipat nilai itu akan muncul,” kata Jokowi, pada acara Rapimnas Kadin 2022 di Hotel Borobudur, dikutip Selasa (6/12/2022).

Tidak hanya itu, dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menyampaikan pesan Managing Director IMF Kristalina Georgieva yang mengatakan kalau Indonesia merupakan titik terang di tengah kesuraman ekonomi global.

“Hati-hati, di tengah kesuraman ekonomi global, Indonesia adalah titik terangnnya. Dia ngomong seperti itu,” ujarnya.

Menurut Jokowi, penilaian Kristalina bukan tanpa alasan. Sejumlah indikator makroekonomi menguatkan hal tersebut.

“Coba dilihat inflasi kita, inflasi terjaga, 5,7%, dunia sudah di atas 10%, 12%, semuanya bahkan ada yang sudah lebih dari 80%. Kenapa kita harus pesimis kalau angkanya terjaga seperti itu. Kita harus optimis,” kata Jokowi.

Indikator terakhir yang disampaikan Jokowi adalah neraca transaksi berjalan. Per 2019, Indonesia masih defisit US$ 30 miliar atau -2,7% terhadap PDB. Sekarang sudah surplus US$ 4,4 miliar dolar atau 1,3% terhadap PDB.

“Sekali lagi kenapa tidak optimis kalau angka-angkanya menunjukkan seperti ini, harus optimis, jangan sampai ada yang menyampaikan pesimisme, baca angka-angka tadi, harus optimis,” tegas Jokowi.

Adapun kabar baik yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani ihwal perkiraan ekonomi Indonesia yang tak akan terkena resesi pada tahun ini. Terutama jika pertumbuhan ekonominya terjaga di atas 5% hingga akhir tahun ini.

Sejak kuartal IV – 2021, dia berujar, ekonomi Indonesia terbukti mampu tumbuh di atas 5%, yaitu di level 5,02%. Lalu berlanjut pada kuartal I – 2022 sebesar 5,01%, kuartal II mencapai 5,44% dan kuartal III di posisi 5,72%.

“Kita harap sampai akhir tahun growth di atas 5% itu masih tetap bisa dipertahankan, kalau itu terjadi berati 5 kuartal berturut-turut pertumbuhan ekonomi Indonesia selalu di atas 5%,” ucap Sri Mulyani di acara Rapimnas Kadin 2022.

Dengan capaian ini, dia berujar, APBN 2023 akan tetap dirancang dengan desain optimistis, namun tetap waspada. Optimisme ini kata Sri Mulyani karena pemerintah melihat proses pemulihan ekonomi Indonesia berjalan dengan baik. Makanya defisit APBN diperkecil menjadi 2,84% dari 2022 yang diperkirakan 3,92%.

Selain itu, dia melanjutkan asumsi makro APBN 2023 juga telah menargetkan pertumbuhan ekonominya sebesar 5,3%. Target itu menurut Sri Mulyani cukup ambisius di tengah kondisi ekonomi global yang masih tertekan.

“Itu sangat ambisius pada saat faktor-faktor terutama global bisa memperlemah ekspor, investasi, konsumsi melalui interest rate yang tinggi, nilai tukar dolar yang menguat karena adanya likuiditas tightening, dan pelemahan ekonomi negara-negara maju,” ujarnya.

sumber: cnbcindonesia

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *