Manfaat Buah Nanas Bagi Penderita Kolesterol

Manfaat Buah Nanas
Manfaat Buah Nanas. Foto: unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Buah nanas dikenal sebagai buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Selain itu, rasanya yang manis membuat nanas menjadi salah satu buah favorit masyarakat.

Dikatakan bahwa nanas menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol merupakan senyawa berupa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel di dalam tubuh. Kolesterol dalam tubuh berasal dari dua sumber, yaitu makanan dan hati.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Walaupun tubuh pada dasarnya membutuhkan kolesterol untuk menjalankan banyak fungsi tubuh, kadar kolesterol dan trigliserida (lemak) yang tinggi dapat menyumbat pembuluh darah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.

Menurut laman Heart UK, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Contoh makanan yang bisa menurunkan kolesterol adalah makanan yang mengandung lemak tidak jenuh, seperti kacang-kacangan, sayur, dan buah-buahan termasuk nanas.

Nanas kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Kandungan bromelain dalam nanas membuatnya sangat baik dalam membantu pencernaan protein, serta mencegah lemak dan protein berlebih di dalam darah.

The “Whole Foods Encyclopedia” melaporkan bahwa bromelain yang ditemukan dalam nanas, juga bisa mengurangi pembekuan darah yang berlebihan akibat penyumbatan arteri dan sirkulasi darah yang lambat akibat kolesterol tinggi.

Kandungan vitamin C pada nanas memiliki manfaat untuk melawan radikal bebas karena bersifat antioksidan. Radikal bebas bisa merusak dan mendorong penumpukan plak yang menyebabkan aterosklerosis dan penyakit jantung diabetes.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *