Bangunan Arsitektur Islam Termegah di Dunia, Nomor 3 Dibangun oleh Nabi Muhammad

Bangunan Arsitektur Islam Termegah di Dunia
Bangunan Arsitektur Islam Termegah di Dunia
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Bangunan arsitektur Islam terbesar di dunia dapat ditemukan di beberapa negara. Bangunan-bangunan ini juga menjadi tanda kehadiran Islam di negara tersebut. Selain negara mayoritas muslim, beberapa negara minoritas muslim juga memiliki bangunan dengan arsitektur Islam.

Apa yang membuat bangunan ini menakjubkan adalah desain dan dekorasinya. Biasanya identik dengan kubah, kolom, mozaik dan ukiran yang sangat indah. Apakah Anda ingin tahu bangunan arsitektur Islam mana yang menakjubkan? Berikut ulasannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Taj Mahal, India

Taj Mahal di India satu dari tujuh keajaiban dunia yang sangat dikagumi. Berdiri di lahan seluas 17 hektar, Taj Mahal dibangun oleh Ustad-Ahmad Lahauri.

Taj Mahal

Pekerja hingga material yang digunakan untuk membangun Taj Mahal ini datangkan langsung dari Asia Tengah dan Iran.

2. Masjid Sulaimaniyah, Istanbul, Turki

Kompleks Masjid Suleymaniye atau Sulaimaniyah salah satu bangunan yang cukup mencuri perhatian. Kubah pada bangunan ini menjulang tinggi yang didominasi dengan warna biru.

Dulunya Kompleks Masjid Suleymaniye dibangun di masa kekaisaran Ottoman Sultan Suleyman tahun 1550 dan 1557. Bangunan ini termasuk mahakarya dari arsitek Mimar Sinan.

3. Masjid Nabawi, Arab Saudi

Masjid Nabawi merupakan masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam dan masuk deretan terbesar di dunia. Bagi Muslim, masjid ini memiliki sejarah yang besar, tak heran bila banyak orang muslim yang berharap bisa beribadah di masjid ini.

Masjid Nabawi

Masjid Nabawi awalnya dibangun oleh Nabi Muhammad SAW saat baru tiba di Madinah, setelah hijrah dari kampungnya di Makkah. Masjid Nabawi pernah jadi pusat pemerintahan Islam sejak Nabi Muhammad hingga masa Khulafaur Rasyidin.

Masjid ini kemudian mengalami beberapa kali renovasi. Sekarang memiliki total 27 kubah dan dilengkapi dengan 26 minaret setinggi 7,9 m dan 10 minaret setinggi 104 m sehingga terlihat sangat megah. Masjid yang didesain oleh arsitektur asal Jerman ini saat malam hari memiliki desain yang sangat indah.

4. Istana Alhambra di Spanyol

Istana Alhambra merupakan banguanan besejarah sebagai penanda peradaban Islam di Spanyol. Bangunan ini memiliki desain yang sangat unik dengan didominasi oleh ukiran stalagmit khas arsitektur Islam.

5. The Citadel di Suriah

Dan terakhir ada The Citadel yang berlokasi di Suriah. Desain pada bangunan ini menampilkan perpaduan elemen yang unik karena terinspirasi dari empat negara, yaitu Bizantium, Persia, Roma, dan Mesir.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *