Didoakan Malaikat, Ini Keutamaan Sedekah Subuh

Keutamaan Sedekah Subuh
Keutamaan Sedekah Subuh
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Pada umumnya beramal bisa dilakukan kapan saja dan tidak mengenal batas waktu. Namun, ada beberapa waktu yang lebih penting dan sangat dianjurkan untuk bersedekah. Waktu yang dianjurkan adalah bersedekah subuh setelah salat subuh hingga terbit fajar.

Sedekah merupakan salah satu bentuk ibadah yang dicintai oleh Allah SWT. Karena sedekah adalah suatu perbuatan yang tidak hanya mendatangkan pahala yang besar bagi yang melakukannya, tetapi juga dapat mendatangkan kebahagiaan bagi orang lain yang membutuhkan melalui sedekah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mengutip pada ungkapan Syeikh Ali Jaber dalam buku yang berjudul Komunikasi Intrapersonal: Percaya Diri sebagai Muslim dalam Bidang Syariah oleh Samsuriyanto, S.Kom.I., M.Sos, dkk, sedekah subuh merupakan sedekah yang terbaik menurut Rasulullah SAW sebab setiap subuh Allah SWT menurunkan malaikat untuk mendoakan orang yang bersedekah pada waktu tersebut.

Melansir pada buku Bahagia Tanpa Jeda oleh Nurhasanah Leubu, siapa pun yang melakukan sedekah subuh, maka didoakan kebaikan dan kelancaran rezeki oleh malaikat, begitu juga sebaliknya. Sehingga sangat diutamakan agar melakukan sedekah di waktu subuh. Sebagaimana Rasulullah bersabda,

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak.”, sedangkan yang satunya lagi berdoa, “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.”” (HR. Bukhari-Muslim).

Amalan Sedekah Subuh yang Dapat Dilakukan

Melansir pada buku Sapu Jagat Keberuntungan oleh Ahmad Mudzakir, S.Pd., M.Si., banyak cara untuk melakukan sedekah subuh pada waktu setelah menjalankan ibadah subuh, yaitu:

  1. Mengisi kotak amal yang terdapat pada masjid. Bila kaum pria dapat langsung memasukkan sendiri ke kotak amal yang terdapat di masjid, untuk kaum wanita bisa menitipkan ke suami atau anak yang hendak ke masjid.
  2. Mentransfer uang melalui rekening setelah subuh. Transfer ke orang tua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, atau siapa pun yang membutuhkan dan memiliki nilai bersedekah.
  3. Memberi makanan yang diantar ke rumah tetangga, pondok pesantren, panti yatim, atau ke tempat yang makanan tersebut sudah pasti untuk dimakan.
  4. Mengantarkan sebuah sumbangan atau bantuan kepada seseorang yang membutuhkan.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *