4 Tanda Kolesterol Tinggi di Mata, Waspadai Jika Anda Mengalami Kondisi Ini!

Tanda Kolesterol Tinggi di Mata
Tanda Kolesterol Tinggi di Mata
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idKolesterol tinggi jarang memicu gejala tertentu. Namun, jika penyakit ini dibiarkan, dapat menyebabkan masalah pada organ lain, misal Tanda-tanda kolesterol tinggi pada mata. Kolesterol adalah lemak esensial alami yang berasal dari makanan kita sehari-hari.

Lemak yang diproduksi di hati (liver) membentuk sel-sel tubuh, menghasilkan hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kolesterol terbagi jadi dua jenis, yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL). LDL yang menumpuk di pembuluh darah bisa menyebabkan komplikasi serius. Oleh karena itu, HDL bertugas membersihkan dan membuang LDL keluar menuju liver (hati).

Kadar kolesterol total dapat dikatakan normal jika tidak lebih dari 200 mg/dL. Jika kedapatan melewati batas aman,LDL menyebabkan penyumbatan aliran darah ke jantung, otak, mata, atau organ vital lainnya.

Tanda Kolesterol Tinggi di Mata

Penumpukan plak di pembuluh darah akibat kolesterol tinggi bisa menimbulkan masalah kesehatan mata. Berikut tandanya dikutip dari Health Match:

1. Arcus Senilis

Arcus senilis ditandai dengan munculnya lingkaran putih atau keabu-abuan di pinggiran kornea akibat kelebihan lipid (lemak). Lingkaran tersebut mulanya terbentuk dari bagian atas atau bawah mata, kemudian lambat laun membentuk lingkaran sempurna mirip dengan cincin. Umumnya, arcus senilis dialami kelompok lanjut usia (lansia).

Meski tidak memengaruhi pandangan, tetap saja itu tanda kolesterol tinggi yang membahayakan. Jika kondisi ini terjadi pada orang di bawah 50 tahun, segera cek kadar kolesterol di layanan medis terdekat.

2. Hollenhorst Plaque

Hollenhorst plaque adalah penyebab umum oklusi arteri retina, yaitu kondisi di mana plak telah menyumbat aliran darah ke arteri yang memasok nutrisi dan oksigen ke mata. Akibatnya, pembuluh mata akan bercabang dan menyebabkan masalah penglihatan. Jika kondisinya sudah parah, bukan tidak mungkin pengidapnya mengalami kebutaan bahkan stroke.

Hollenhorst plaque tergolong kasus yang jarang terjadi. Namun, kondisinya jarang menimbulkan gejala sehingga penanganannya sering terlambat.

3. Oklusi Vena Retina

Oklusi vena retina atau Retinal Vein Occlusion (RVO) kerap terjadi pada orang dengan kolesterol tinggi. Penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of Ophthalmology pada 2008 mencatat pengidap kolesterol tinggi memiliki risiko dua kali lipat mengalami masalah mata ini.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *