Mengapa Banyak Politisi Terus Berbuat Korupsi?

Banyak Politisi Terus Berbuat Korupsi
Banyak Politisi Terus Berbuat Korupsi. Foto: ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Pengenalan moral dan analoginya

Hajinews.id – Berbeda dengan hewan, manusia dianugerahi dengan moralitas. Moral menjadi alat bagi manusia dalam menentukan keputusannya atas dasar kooperasi dengan lingkungan sekitarnya. Ibarat kompas, manusia menentukan kemana arah ia berjalan berdasarkan panah moral. Lantas mengapa seseorang meskipun ia paham betul persoalan moral secara sadar memaklumi perbuatan tidak bermorall?

Dilema moral

Penjelasan yang paling mungkin adalah teori moral Kohlberg. Seorang psikolog bernama Kohlberg mengajukan teori bahwa pada tahap tertentu, seseorang akan dihadapi dengan dilema moral. Dilema moral adalah kondisi dimana seseorang secara kompleks mempertimbangkan ulang keputusan moralnya ketika dihadapkan pada konteks dan situasi tertentu. Ibarat kompas, ketika terdapat situasi dan konteks yang memaksa, kompas moral seseorang akan menunjukkan arah panah yang kebingungan, arah panah yang berputar-putar. Sehingga ia akan kesulitan dalam menentukan arah keputusannya, menentukan mana yang baik dan benar.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tahap moral kohlberg

Kohlberg membagi tahap moral menjadi 3. Tahap pre-conventional, umumnya terjadi masa anak-anak. Adalah tahap penilaian moral sederhana, yang mana individu akan menilai moral berdasarkan konsekuensi langsungnya. Umumnya berkaitan dengan kepatuhan dan hukuman, juga apa yang menguntungkan buat dirinya. Tahap conventional, umumnya terjadi saat remaja hingga awal dewasa. Adalah tahap perkembangan moral yang lebih luas, karena individu mulai memikirkan pandangan moral dari orang-orang lain.

Selanjutnya individu juga mulai menilai pihak otoritas dan pemeliharaan aturan sosial sebagai hal yang esensial. Tahap pasca-konvensional, merupakan tahap lanjutan, yang mana individu akan memahami bahwa setiap individu mungkin memiliki pandangan moral yang berbeda — sehingga tidak ada kebenaran absolut. Mungkin juga individu akan melandaskan moralnya pada etika universal. Namun pada kondisi tertentu, individu akan mendahulukan moral miliknya terlebih dahulu — karena tidak ada moral yang paling benar.

Pada tahap inilah yang mungkin menjadi penjelasan mengapa beberapa koruptor memaklumi perbuatan korup. Pada tahap pasca-conventional, koruptor mungkin dihadapkan pada dilema moral yang membuatnya mempertanyakan dasar moral. Dan dengan alasan konteks dan situasi yang kompleks, membuatnya memaklumi keputusan immoral-nya.

Analisis faktor-faktor keputusan moral

Namun mengapa demikian? Saya menganalisis beberapa faktor yang mungkin. Agar lebih mudah, saya telah membaginya menjadi 2, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal meliputi pembenaran diri, tentang bagaimana koruptor membenarkan perbuatannya. Faktor yang dapat mendukung pembenaran ini juga cukup banyak. Seperti karena maraknya perbuatan korupsi, para koruptor merasa tidak sendirian. Mereka lebih berani membuat keputusan immoral karena ia merasa mereka dalam kapal yang sama.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *