Diulas Saksi Ahli, Putri Candrawathi Adalah Sosok yang Ketergantungan Rasa Aman Selain Dari Suaminya

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ahli Psikologi Forensik dihadirkan pada sidang Rabu, 22 Desember 2022.

Saksi Ahli Psikologi Forensik yang dihadirkan hari ini adalah Reni Kusumawardhani.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Seperti sidang sebelumnya, sidang kali ini diagendakan untuk mendengarkan keterangan ahli untuk kelima terdakwa yaitu Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal, Richard Eliezer dan Kuat Maruf.

Dalam kesaksiannya Reni Kusumawardhani menerangkan mengenai hasil asesmen ke lima terdakwa.

Saat membacakan hasil asesmen tersebut hasil yang didapatkan dari terdakwa Putri Candrawathi yang mengatakan bahwa kecerdasannya berada pada tahap rata

“Hasil pemeriksaannya, Ibu Putri Candrawathi memiliki kecerdasan yang berfungsi pada tahap rata-rata orang seusianya. Jadi berbeda dengan FS, Pak Sambo, yang memiliki kecerdasan tinggi,” ucap Reni Kusumawardhani dikutip dari kanal YouTube Kompas TV pada Kamis (22/12/2022).

Ia menambahkan bahwa Putri Candrawathi memiliki pemahaman terhadap nilai sosial yang baik namun perencanaan perilakunya di lingkungan sosial tergolong kurang.

Reni kemudian memaparkan bahwa fungsi memori yang dimiliki oleh Putri Candrawathi tergolong baik.

“Kapasitas dan fungsi memorinya juga tergolong baik. Kemampuannya tergolong sangat baik menangkap menyimpan dan mengelola informasi serta mengungkap kembali yang diingatnya,” ujar Reni.

Jaksa pun kemudian bertanya terkait BAP kepada Reni terkait hasil pemeriksaan dari Putri Candrawathi mengenai kebutuhan tinggi akan adanya figur yang mampu memberikan rasa aman.

Reni mengatakan bahwa Putri Candrawathi memiliki dependensi (keadaan bergantung kepada orang lain karena belum dapat hidup sendiri) secara emosional kepada orang yang bisa menjadi objek bergantungnya.

“Jadi dia ini ada semacam dependensi secara emosional kepada orang yang bisa menjadi objek bergantungnya, dalam hal ini seperti kepada orang tua, kepada suami,” kata Reni.

Jaksa pun kemudian bertanya kepada Reni apakah saat terjadi ketakutan Putri Candrawathi akan menuju kepada orang-orang yang dia rasa aman dalam hal ini suaminya.

“Ia akan mencari rasa aman kepada figur-figur yang membuat dirinya merasa aman,” ucap Reni.

Jaksa pun kemudian menanyakan apakah figur-figur tersebut bisa didapatkan dari ajudan-ajudannya.

“Atau ajudan-ajudan yang dipercayai? Bisa?” tanya jaksa.

“Bisa juga jika ajudan itu memberikan rasa aman kepada dirinya,” ucap Reni.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *