Wajah Islam di Piala Dunia Qatar

Wajah Islam di Piala Dunia Qatar
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr Teuku Zulkhairi MA, Sekjen Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD), Komisioner Komisi Penyiaran Indinesia (KPI) Aceh

Hajinews.id – Dalam pegelaran Piala Dunia 2022 yang sedang berlangsung, Qatar sebagai Tuan Rumah secara efektif mempromosikan wajah indah ajaran Islam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hal ini bisa kita baca dari banyak ulasan media dan pengakuan banyak suporter di media sosial.

Di hadapan bangsa-bangsa lain yang hadir ke Qatar menyaksikan Tim Nasional masing-masing bermain bola di Piala Dunia.

Qatar sebagai salah satu negeri muslim menunjukkan kelasnya sebagai muslim teladan yang mengamalkan akhlak Islam sehingga mampu membuat manusia berdecak kagum atas kesantunan mereka dalam memperlakukan setiap tamu.

Melalui penyediaan buklet tentang Islam dalam berbagai bahasa, Alquran terjemahan dan penempatan da’i-da’i, Qatar secara efektif berupaya memperkenalkan Islam kepada tamu-tamunya yang tentu datang dari banyak negara.

Media-media Barat seperti Voice of Amerika menulis bahwa Qatar berupaya mengubah pikiran dunia tentang Islam.

Bahkan, kita dapat saja memaknai bahwa bisa jadi inilah tujuan sebenarnya Qatar menjadi Tuan Rumah di Piala Dunia 2022.

Buktinya, meskipun Timnas Qatar menerima rentetan kekalahan dan menjadi negara pertama yang paling awal tersingkir dari arena karena menderita kekalahan di semua pertandingan babak penyisihan group, tapi warga Qatar tetap menyambut gembira dan memperlakukan semua tamu yang datang dengan sangat istimewa.

Warga Qatar berdiri disamping jalan menanti para tamu yang menonton pertandingan dan menawari mereka aneka ragam makanan dan minuman.

Sebuah perlakuan yang tentu saja menghadirkan kenyamanan para tamu. Ini hanya sebagian kecil dari contoh pemuliaan Qatar kepada para tamunya di Piala Dunia.

Membaca banyak informasi dari media massa hingga media sosial dari pengakuan para fans yang hadir ke Qatar, kita akan menemukan bagaimana Qatar betul-betul menghadirkan ketenangan dan kenyamanan kepada semua suporter masing-masing Timnas dari berbagai negara yang hadir kesana.

Tapi meskipun Qatar menghormati semua tamu yang datang dan sangat memuliakan mereka, bukan berarti Qatar menghilangkan identitasnya sebagai muslim dan Arab.

Qatar dengan penuh harga diri melarang minuman keras – hal yang kemudian sangat berhasil menjaga keamanan Qatar. Banyak media melansir bahwa fans perempuan merasa sangat aman berada di stadion.

Ellie Molloson, seorang fans perempuan sebagaimana dikutip di Doha News mengatakan, “Saya memiliki semua praduga tentang apa yang akan saya temui. Tapi kenyataannya tidak seperti itu.

Saya tidak mengalami pelecehan yang saya alami di Inggris. Saya tidak tahu bagaimana mereka mencapai itu tetapi ini adalah lingkungan yang luar biasa untuk dialami”.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *