Innalillahi Wa Innailaihi Roji’uun: Ichwan Sam, Sekjen MUI Periode 2005-2015 Meninggal Dunia

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Kabar duka menyelimuti Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sekretaris Jenderal MUI Periode 2005-2015, H Muhammad Ichwan Sam, meninggal dunia.

Dilansir situs MUI, Ahad (25/12/2022), Ichwan wafat di Rumah Sakit Mayapada Bogor pada pukul 11.00 WIB tadi. Ichwan berpulang setelah lama menderita penyakit stroke sejak 2015.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ichwan Sam menjabat Sekjen (dulu disebut Sekum) MUI setelah Prof Din Syamsuddin dan sebelum Buya Anwar Abbas. Ichwan Sam dikenal sebagai Sekjen yang faham seluk beluk organisasi MUI.

Wakil Ketua Umum MUI Buya Anwar Abbas mengatakan Ichwan sebagai guru dalam berorganisasi sekaligus organisator yang baik.

“Pak Ichwan adalah seorang administrator yang baik dan beliau adalah guru saya dalam berorganisasi, ” kata Anwar seperti dikutip dari situs MUI.

Di tengah kondisi MUI yang dulu tidak mendapatkan APBN dari pemerintah, Ichwan dikenal lincah merancang program MUI melalui kolaborasi antarlembaga. Di lingkungan sekretariat MUI, Ichwan dikenal karena kepandaiannya meracik sebuah kegiatan dan melibatkan tim kesekretariatan dari yang muda sampai sepuh untuk aktif.

Selain itu, sistem persuratan di dalam MUI yang begitu rapi dirancang pada era Ichwan. Ichwan bahkan rutin terjun langsung membimbing staf sekretariat dalam merancang surat keputusan, undangan, maupun dokumen penting MUI yang lain.

Rencananya jenazah Ichwan dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden pada Senin (26/12), pukul 07.00 WIB.

Sumber: detikcom

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *