Jateng Gayeng, Jateng Majeng, Toleransi Semakin Terasa pada Natal Tahun ini

Toleransi Semakin Terasa pada Natal Tahun ini
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



SEMARANG, Hajinews.id – Terlihat jelas suka cita umat Kristiani yang dibalut suasana kerukunan umat beragama di Jawa Tengah saat rombongan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo bersama Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, Kakanwil Kemenag Musta’in Ahmad, jajaran Forkopimda dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah melakukan kunjungan ke sejumlah gereja, Minggu (25/12). Tampak hadir pula mantan Wali Kota Semarang yang kini menjabat Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Hendrar Prihadi atau Mas Hendi di beberapa lokasi.

Gubernur Ganjar menyatakan berbahagia dapat berkunjung ke Keuskupan Agung Semarang, di kawasan Randusari, Semarang. Menurutnya, di tempat itu tergambar tentang bagaimana indahannya kerukunan umat beragama di Jawa Tengah, dalam suasana Natal yang damai.“Kita ingin Indonesia selalu indah, dipenuhi dengan cinta, kebahagiaan dan tolong menolong. Di sini, saya menemukan itu,” kata Ganjar.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mgr Dr Robertus Rubiyatmoko, Uskup Agung di Keuskupan Agung Semarang menceritakan jika dua tahun karena pandemi Covid-19, gereja kosong, dan natalan sepi.

“Tahun lalu kita coba untuk memulai perayaan Natal secara sederhana dan sekarang suasana sudah mulai bangkit. Tahun ini perayaan Natal meriah sekali. Bahkan pemerintah daerah memberi kesempatan luas kepada kami umat Kristiani  untuk merayakan natal dengan peotokol kesehatan yang baik. kesungguhan dan keseriusan umat tergambar dari banyaknya jamaat hadir dan tertib,” jelas Uskup.

Disambut Jemaat

Kemudian kunjungan dilanjutkan ke Gereja St. Maria Fatima, Banyumanik, Kota Semarang. Di kunjungan kedua hari itu, Gubernur dan Forkopimda disambut antusias oleh jemaat.

“Kami sangat merasa bahagia, dihormati dan diperhatikan seperti ini. Ini bukti bahwa Kemenag dan Pemerintah Jawa Tengah sungguh peduli pada semua elemen masyarakat, di mana pun dan kapan pun berupaya menghadirkan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi masyarakat,” tutur Endang, salah satu jemaat.

Dalam pernyataan singkatnya, Kakanwil Kemenag Jateng, Musta’in Ahmad merasa bersyukur bisa menyertai Gubernur dan Forkopimda Jawa Tengah, memastikan kelancaran ibadah Natal.  “Saya mendapatkan informasi dari semua daerah se-Jawa Tengah, bahwa perayaan natal berjalan dengan baik, aman dan lancar. Saya berterima kasih kepada semuanya yang telah bergotong royong menjadikan Natal tahun ini menjadi sangat kondusif, karena tahun ini awal dari perayaan Natal yang lebih terbuka di era pandemi Covid-19 yang telah melandai,” jelas Musta’in.

Menurutnya, yang terlihat pada perayaan natal tahun ini sesungguhnya adalah cerminan dari kekuatan semangat rukun masyarakat yang tumbuh dan tetap terjaga dengan baik.

Selain dua lokasi itu, rombongan juga melakukan kunjungan ke Gereja Bethel Tabernakel, di kawasan Tembalang, Semarang. “Atas nama pribadi dan pemerintah Provinsi Jateng, kita semua mangayubagyo perayaan natal, Selamat Natal, Bapak Ibu semua,” kata Ganjar sumringah.

“Walaupun semua pakai masker, tapi kita tahu mata bisa menunjukkan senyum dan tawa bahagia, tentunya yang lahir dari hati yang bersukacita. Semoga ini semua jadi spirit, untuk bangkit lagi (pasca pandemi), terus bersemangat lagi, sehingga tahun depan bisa lebih baik lagi,” kata Ganjar

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *