Masjid Raya Baiturrahman Peringati HUT Ke-48

Masjid Raya Baiturrahman Peringati HUT Ke-48
Masjid Raya Baiturrahman Peringati HUT Ke-48
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



SEMARANG, Hajinews.id Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Jawa Tengah menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Ke-48.

Ketua Takmir MRB Jateng Dr KH Multazam Ahmad MA menjelaskan puncak acara HUT MRB Jateng dilaksanakan akhir pekan lalu, dengan agenda kegiatannya jalan sehat keluarga besar karyawan dan jamaah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Rute start di halaman masjid menyusuri bundaran Simpanglima – Jl Pahlawan – Simpanglima – dan finis di halaman masjid,” kata Multazam di Semarang, Rabu (28/12).

Menurutnya, selain jalan sehat juga digelar beberapa kegiatan lainnya, di antaranya khatmil Qur’an 30 juz dan istighatsah di ruang utama shalat MRB dan kehitanan massal.

Khitanan massal, diikuti 100 orang peserta dari berbagai daerah di Jateng, di antara mereka ada peserta yang non-muslim. Prosesi khitanan ditangani dokter dan tim kesehatan dari Rumah Sakit Islam Sultan Agung (RSISA) Semarang.

Dia menambahkan, kegiatan khitanan massal terbuka untuk umum, alasan peserta nonmuslim mengikuti kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keinginan merawat atau memelihara kesehatan.

Peserta khitanan massal, tutur Multazam, dibatasi hanya 100 orang dan saat ini kuota peserta sudah terpenuhi, sehingga sejumlah warga yang mendaftar tidak dapat terlayani.

Dia menuturkan, selain tiga kegiatan itu juga akan digelar pengajian umum di aula MRB pada 10 Januari 2023, dijadwalkan dai kondang dari Jawa Timur, KH Anwar Zahid akan menyampaikan taushiyah dalam pengajian itu.

“Kepada masyarakat kami mohon doa agar kami senantiasa diberi kekuatan sehingga dapat mengelola masjid ini dengan baik sehingga umat Islam dapat memperoleh kemanfaatannya,” tuturnya.

Diresmikan Presiden

Pembangunan Masjid Baiturrahman dimulai pada tanggal 10 Agustus 1968 dengan memancangkan tiang-tiang pancang untuk pondasi masjid sebanyak 137 buah. Tiang-tiang pancang tersebut diperoleh dari bantuan Menteri Kehakiman. Pemancangan dapat diselesaikan pada bulan Desember 1968

Disamping melaksanakan pekerjaan pembangunan masjid, yayasan juga melaksanakan pembangunan gedung kantor Yayasan Masjid Baiturrahman didalam komplek Masjid Jalan Pandanaran No. 126 Semarang yang dimulai pembangunannya pada tanggal 26 Januari 1969 dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 27 Pebruari 1969 oleh Ketua Yayasan H. Imam Sofyan.

Pada tahun 1972 pembangunan masjid berhenti karena kesulitan pembiayaan. Sehubungan dengan itu, Gubernur Jawa Tengah turun tangan untuk melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan masjid. Pada tanggal 7 Juli 1973 dilakukan serah terima tanggungjawab penyelesaian pembangunan Masjid Baiturrahman dari Pengurus Yayasan kepada Gubernur Jawa Tengah.

Pekerjaan pembangunan masjid dapat diselesaikan pada ahir tahun 1974. Masjid Baiturrahman diresmikan penggunaannya oleh Presiden RI Soeharto pada Ahad sore 15 Desember 1974 bertepatan 1 Dzulhijjah 1394 H.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *