Kiai Anwar Zahid Ajak Umat Bahagia ‘’Bahagia Hukumnya Wajib, Susah Dosa’’

Kiai Anwar Zahid Ajak Umat Bahagia
TABLIGH AKBAR: Mubaligh kondang yang juga pengasuh Pondok Pesantren Sabilunnajah, Bojonegoro, Jatim KH Ahmad Anwar Zahid saat menyampaikan tausiah di depan ribuan umat dalam rangka Tabligh Akbar HUT Ke-48 Masjid Raya Baiturrahman, Jalan Pandanaran 126, Simpanglima Semarang, Selasa (10/1)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



SEMARANG, Hajinews.id – Mubaligh kondang KH Ahmad Anwar Zahid mengajak umat Islam untuk selalu bahagia dan senang  dalam mengarungi kehidupan di dunia.

‘’Bahagia atau senang itu hukumnya wajib. Susah atau sedih itu berdosa. Dalam setiap kumandang azan panggilan shalat sampai diserukan hayya alal falaah ajakan menuju kebahagiaan atau kesuksesan. Jadi hidup hukumnya bahagia atau senang supaya sehat. Jangan sedih atau susah nanti jadi sakit-sakitan alias tidak sehat,’’ tegas pengasuh Pondok Pesantren Sabilunnajah, Bojonegoro, Jatim itu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dia mengatakan hal itu di depan ribuan umat yang menghadiri Tabligh Akbar HUT Ke-48 Masjid Raya Baiturrahman, Jalan Pandanaran 126, Simpanglima Semarang, Selasa (10/1).

Tausiah tentang bahagia dan susah itu terinspirasi sesaat sebelum Tabligh Akbar bertemu dengan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah Dr KH Ahmad Darodji MSi yang kini berusia 84 tahun. ‘’Saya tanya Kiai Darodji, resepnya apa bisa Panjang umur? Kiai Darodji menjawab hidup bahagia dan senang. Jangan susah. Jangan semua dipikir,’’ tegasnya sambal tertawa.

Dia mengajak umat mendoakan Kiai Darodji sehat lahir batin panjang umur. ‘’Umumnya, umur 84 tahun itu Tulas Pindo singkatan untune telas pipine kendho (giginya habis pipinya kendur). Kiai Darodji tidak, masih tetap enerjik dan sehat. Ini teladan luar biasa,’’ tuturnya disambut tawa hadirin. Menurut Kiai Anwar Zahid, seneng atau bahagia itu wajib sedang susah itu hukumnya dosa.

‘’Ingat sabda Nabi, khairunnas anfauhum linnas, sebaik-baik orang yang bisa berbagi manfaat untuk sesama. Hanya orang-orang bahagia yang bisa berbagi kebahagiaan. Yang bisa andum duit yang punya duit (yang bisa berbagi uang itu pasti yang punya uang), tidak mungkin kesusahan akan dibagi dengan orang lain. Senang itu sehat. Banyak yang sehat karena hatinya senang. Banyak yang sakit-sakitan karena hatinya susah. Pilihanya hanya ada dua buatlah hidup senang atau senang banget supaya hidup indah dan sehat,’’ tegasnya.

Dalam mauidzohnya, Kiai Anwar Zahid mengisyaratkan KH Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin yang hadir pada saat Tabligh Akbar itu bakal menjadi pemimpin Jawa Tengah.

‘’Gus Yasin Maimoen Wakil Gubernur itu muda, enerjik kreatif, lincah dan cerdas. Pokoknya paket komplet, ganteng keren bersama istrinya Ning Nawal. Tadi hadir ke pengajian nyopir piyambak (mengemudi sendiri) dari rumah dinas. Muga-muga ini isyarah dan symbol ke depan Gus Yasin akan nyupiri Jateng,’’ katanya.

Tampak hadir Ketua Umum Yayasan Pusat Kajian Pengembangan Islam (YPKPI) Dr KH Ahmad Darodji MSi, Direktur LPPOM MUI Jateng Prof Dr KH Ahmad Rofiq MA, Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen, Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin, Sekretaris Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Drs KH Muhyiddin MAg, Ketua Yayasan Masjid Agung Semarang (MAS) Kauman Ir H Khammad Maksum, Dr KH Anasom M.Hum, Dr Multazam Ahmad, H Agus Sumartono dan ribuan umat yang memadati masjid.

Menurut Kiai Anwar Zahid, Gus Yasin putra Kiai Maimoen Zubair tokoh yang mampu memadukan tiga kinerja sekaligus tiga komponen terpadu dan komprehensip. ‘’Gus Yasin bisa kerja dengan keras, bekerja dengan cerdas dan bekerja dengan ikhlas. Cari figur pemimpin seperti ini sangat susah,’’ katanya.

Sosok pemimpin menurutnya wajib mewarisi empat sifat Rasul, yaitu Sidiq, Amanah, Tabligh dan Fathanah. ‘’Cari pemimpin yang benar-benar bisa memegang teguh empat sifat ini susah. Sidiq artinya jujur, Amanah artinya terpercaya, tabligh artinya aspiratif dan transparan, sedang Fathanah artinya cerdas. Maaf sekarang pemimpin yang punya empat sifat susah dicari,’’ tegasnya. Sidiq pergi gak pulang2. Sidiq pergi dengan pacarnya Amanah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *