Tolak Perppu Ciptaker! 10 Ribu Buruh Bakal Mengepung Istana Negara Jumat Ini

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal (foto istimewa)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Buruh bakal menggelar demonstrasi besar-besaran di berbagai kota se-Indonesia. Demo ini untuk menolak isi dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

Presiden Partai Buruh sekaligus Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal mengatakan, aksi demontrasi tersebut bakal digelar pada 14 Januari 2023 dengan titik aksi di depan Istana Negara, Jakarta Pusat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Puluhan ribu buruh (demo) pada 14 Januari jam 9.30-12.00 WIB. Peserta aksi akan difokuskan di Istana Negara yang berasal dari Jabodetabek, Serang, Cilegon, Karawaci, Purwakarta, dan Bandung Raya. Jumlahnya lebih 10 ribu orang,” ujar Said dalam konferensi pers secara virtual, Senin (9/1).

Selain daerah di atas, wilayah lain yang buruhnya akan menggelar aksi serupa antara lain, Bandung, Semarang, Surabaya, Banda Aceh, Medan, Palembang, Bengkulu, Pekanbaru Riau, Batam, Balikpapan, Banjarmasin, Ternate, Mataram, Makassar, Palu, Gorontalo, dan beberapa kota lainnya termasuk Papua.

Buruh menolak isi Perppu Nomor 2/2022 tentang Cipta Kerja. Buruh menganggap isi Perppu tidak banyak mengubah substansi dalam UU Ciptaker yang saat ini dinyatakan inkonstitusional bersyarat.

“Secara bersamaan aksi serempak di beberapa kota industri, isu yang diangkat fokus pada menolak isi Perppu Ciptaker,” kata Said.

Menurutnya, ada 9 pasal yang Buruh di dalam Perppu Ciptakerja. Seperti pengaturan upah, outsourcing, pengaturan upah pesangon, buruh kontrak, PHK, TKA, sanksi pidana, waktu kerja dan cuti.

“Itulah sikap partai buruh, sebagai penolakan atas isi Perppu. Kita setuju jalan yang ditempuh menggunakan Perppu dibandingkan Pansus DPR (respon UUCK yang inkonstitusional),” kata Said.

“Selanjutnya setelah aksi partai buruh dan peserta aksi akan melakukan deklarasi darah juang partai buruh sekaligus membuka rapat kerja nasional (rakernas) partai buruh,” pungkasnya.

Sumber: Keuangan

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *