Pangeran MBS, Sosok di Balik Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Al Nassr

Sosok di Balik Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Al Nassr
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Setelah Cristiano Ronaldo hengkang dari Manchester United pada November 2022, ia memilih kontrak berdurasi dua tahun dengan klub Arab Saudi Al Nassr. Orang di balik kepindahan Ronaldo ke Al Nassr adalah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, umumnya dikenal sebagai Pangeran MBS.

Ronaldo dikabarkan menerima sekitar 200 juta euro dari kontrak tersebut, yakni sekitar Rp 3,3 triliun. Selain gaji, Ronaldo juga akan mendapatkan tambahan 200 juta euro untuk melanjutkan upaya Arab Saudi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030, menurut sumber tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pria Portugis berusia 37 tahun itu diperkenalkan kepada ribuan penggemar Al-Nassr di Riyadh pekan lalu. Sejauh ini dia adalah pemain paling terkenal yang bergabung dengan klub di Arab Saudi atau negara Teluk lainnya.

Kerajaan kaya minyak itu, bersama dengan Mesir dan Yunani, sedang mempertimbangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah turnamen sepak bola empat tahunan itu pada 2030. Peran Ronaldo sebagai duta sepak bola Arab Saudi akan menambah penghasilannya di negara itu menjadi lebih dari 400 juta euro.

Kesepakatan itu didukung oleh bangsawan senior yang mendukung Al Nassr, termasuk Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman—yang dikenal dengan Pangeran MBS. “MBS (dan saudara laki-lakinya) Naif, Turki, dan Rakan, putra Raja Salman, semuanya adalah anggota kehormatan Al Nassr bahkan sebelum ayah mereka menjadi putra mahkota,” kata sumber itu kepada AFP seperti dikutip Channel News Asia, Senin, 9 Januari 2023.

“Mereka ingin memberikan supremasi klub tercinta dan menempatkannya dalam sorotan internasional. Cara terbaik adalah menghadirkan pemain terbaik di dunia.”

Sumber itu menambahkan kesepakatan itu telah dibiayai oleh dana kekayaan kedaulatan kerajaan, Dana Investasi Publik (PIF). “Al Nassr dan klub Arab Saudi lainnya tidak memiliki dana sebesar ini untuk kesepakatan sebesar ini. PIF yang menjamin pembayarannya,” kata sumber itu.

Baru-baru ini PIF telah melakukan usaha olahraga terkenal lainnya, termasuk pembelian saham mayoritas di klub Liga Inggris, Newcastle United.

Siapa Pangeran MBS?

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar