Gus Baha: Satu Amal Perbuatan Lebih bernilai dari 60 tahun Beribadah

Amal Perbuatan Lebih bernilai dari 60 tahun Beribadah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Adapun semalam aku tidak salat malam, hal itu dikarenakan ketika aku meletakkan kepalaku untuk tidur, aku melihat seolah-olah al Qur’an dan Hadits berada di depanku, kemudian Allah membukakan kepadaku 72 masalah ilmu fiqih yang kususun untuk kemaslahatan muslimin, maka memikirkan ilmu inilah yang menghalangi antara diriku dan sholat malam.

Adapun ketika salat subuh bersama kalian aku tidak wudhu, maka demi Allah tidaklah kedua mataku tertidur hingga aku butuh memperbaharui wudhlu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Semalam suntuk aku terjaga, jadi aku salat subuh bersama kalian dengan wudhu salat Isya.”Kemudian Imam Syafi’i berpamitan dan pulang.

Imam Ahmad berkata kepada putrinya: “yang di kerjakan oleh Imam Syafi’i semalam dalam keadaan tiduran, lebih utama daripada apa yang kukerjakan sambil salat malam,”

Gus Baha pun juga mengatakan bahwa dia juga sering terbangun pada malam hari dan melakukan hal tersebut. Bahkan sering tidak melaksanakan salat sunah.

Semua ulama terdahulu menyebut hadits

تَفَكُّرُ سَاعَةٍ خَيْرٌ مِنْ عِبَادَةِ سَنَةٍ

Artinya: Berfikir sesaat lebih baik dari pada beribadah 60 tahun.

“Ini kisah nyata, saya kan orang alim saya percaya Imam Syafi’I dalam fatwa fiqih, Imam Abdul Junaid dalam fatwa tasawuf, Imam Ghozali dalam fatwa hujjah,” Ucap Gus Baha menerangkan.

Gus Baha juga menjelaskan bahwa memeikirkan sebuah persoalan dan mencari jalan keluarnya, ternyata juga memiliki nilai ibadah yang bahkan lebih baik dari pada beribadah salam 60 tahun lamanya.***

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *