PM Malaysia Anwar Ibrahim Kenang Asmara di Kantor PB HMI, Pernah Mengikuti Pelatihan Kader

Anwar Ibrahim Kenang Asmara di Kantor PB HMI
Anwar Ibrahim Kenang Asmara di Kantor PB HMI
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kedekatan PM Malaysia Anwar Ibrahim dengan Indonesia kembali terungkap. Persahabatannya dengan aktivis Indonesia cukup kuat sejak muda, dan ia memiliki koneksi dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Dia bahkan memiliki kisah cinta. Anwar Ibrahim kembali berbagi kenangan mahasiswa Indonesia dengan HMI, hal itu disampakan saat sebagai pembicara di CT Corp Leadership Forum.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Walaupun tidak diungkap secara gamblang karena ada sosok istri Wan Azizah Wan Ismail duduk di bangku undangan, namun kenangan itu melekat dalam sanubarinya.

“Banyak wartawan ramai anggap saya pernah studi di Indonesia. Tidak saya belum pernah di sini. Cewek pun gak ada di sini. Kalau ada saya tidak akan mengaku untuk menjaga keharmonisan (perasaan). Kalau ada pun sipi-sipi di (jalan) Diponogoro 16 Kantor HMI,” kata Anwar Ibrahim, Rabu (11/1/2023).

Tidak hanya pernah mengecap ikut organisasi HMI, Anwar Ibrahim juga ingat betul dibesarkan oleh karya-karya besar dari pemikir Indonesia. Pasalnya, sang ibu ternyata penggemar berat karya sastra dari Sutan Takdir Alisjahbana hingga Hamka.

“Saya cukup sentimentil bicara Indonesia. Karena almarhum ibu saya penggemar karya-karya (pemikir) besar Indonesia. Semua karya Sutan Takdir Alisabana, Armin Pane, Hamka. Tasauf modern, falsafah hidup. Itu bukan saya baca dihadapannya. Kemudian saya dibesarkan,” katanya.

Diketahui Anwar Ibrahim pernah menghadiri pelantikan Korps Alumi HMI (KAHMI) Malaysia 2020 lalu. Saat itu dia mengungkap bahwa sebagai alumnus KAHMI.

Anwar, yang laiknya Nelson Mandela sempat mengalami tahun-tahun pemenjaraan memang layak disebut sebagai alumnus HMI.

Pada 1967 lalu Anwar memang ikut pengkaderan HMI di Pekalongan, Jawa Tengah. Dari pengalaman itu Anwar sempat mengakui bahwa dirinya belajar banyak soal ideologi dan strategi politik dari kancah pengkaderan HMI.

“Saya memperoleh manfaat dari HMI karena mengikuti materi ideologi politik dan strategi di Pekalongan. Generasi saya itu istimewa. Abang-abang saya adalah Nurcholish Madjid, Fahmi Idris, Mar’ie Muhammad dan Ekky Syahrudin. Semua hebat-hebat,” kata Anwar saat menghadiri pelantikan Korps Alumi HMI (KAHMI) Malaysia.

Di masa muda, Anwar seorang pembelajar yang tekun  dan pembaca buku berbagai khasanah pemikiran yang rajin dan cermat

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *