Kalahkan Tim Cruise, Aktor Muslim Shah Rukh Khan Miliki Kekayaan Rp 11,6 Triliun

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Aktor legendaris India, Shah Rukh Khan (57) tengah menjadi perbincangan, karena ‘Raja Bollywood’ tersebut berhasil mengalahkan Tom Cruise dalam daftar aktor terkaya di dunia. Hal ini diungkap oleh World of Statistics dalam cuitannya, Minggu (8/1/2023).

Shah Rukh Khan berada di posisi ke-empat dengan perkiraan kekayaan mencapai USD 770 juta atau sekitar Rp11,6 triliun. Nilai kekayaan yang dimilikinya berhasil mengalahkan bintang Hollywood, Tom Cruise, yang harus puas di posisi lima dengan kekayaan USD 620 juta atau sekitar Rp9,4 triliun. Selain Tom Cruise, Shah Rukh Khan juga mengalahkan aktor kawakan Jackie Chan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Shah Rukh Khan bisa dibilang sebagai salah satu aktor Bollywood paling sukses sepanjang masa. Ketenarannya tak hanya seputaran negaranya saja, akan tetapi meluas hingga seluruh dunia.

Ia tidak hanya unggul dalam dunia seni peran. Tercatat, Shah Rukh Khan juga meraih kesuksesan di bidang bisnis.

Melansir CG India, kekayaan Shah Rukh Khan bersumber dari berbagai lini, tidak hanya berasal dari dunia akting. Sejumlah sumber kekayaan Shah Rukh Khan antara lain:

1. Penghasilan box office
Tidak diketahui secara pasti pada film apa Shah Rukh Khan mendapat bagi hasil dari pendapatan box office. Namun, pada 2016 lalu, LiveMint menyebutkan bahwa sebagian besar bintang pria papan atas, termasuk Shah Rukh Khan, Salman Khan, dan Akshay Kumar, terciprat 50 persen hingga 80 persen dari keuntungan sebuah film, selain biaya tetap di muka.

2. Acara TV
Sebelum menjadi bintang layar lebar seperti sekarang, Shah Rukh Khan memulai kariernya dalam sinetron TV seperti Fauji dan Circus. Dari situlah Shah Rukh Khan mengumpulkan pundi-pundi hingga menjadi aktor terkaya keempat sekarang ini.

3. Pertunjukan pernikahan
Pernikahan di India kerap dilangsungkan secara meriah. Kemegahan pesta pernikahan mewah didukung dengan kehadiran selebriti Bollywood paling populer, Shah Rukh Khan.

Sebuah kabar mengatakan bahwa Shah Rukh Khan mematok biaya mulai dari 40 ribu hingga 80 ribu rupee atau sekitar Rp7,4 miliar hingga 14,9 miliar, untuk penampilan atau pertunjukan di pesta pernikahan.

4. Red Chillies Entertainment
Shah Rukh Khan mendirikan Red Chillies Entertainment bersama istrinya, Ghauri Khan, pada 2002 silam. Saat ini, Red Chillies Entertainment menjadi sumber pemasukan yang signifikan bagi Shah Rukh Khan.

Menurut The Economic Times, rumah produksi tersebut dilengkapi dengan studio VFX yang lengkap dan memiliki omset tahunan sekitar 500 crore rupee atau sekitar Rp931,3 miliar.

5. KidZania India
Aktor berusia 57 tahun ini memiliki 26 persen saham di Imagination Edutainment India Pvt Ltd, yang mengelola waralaba KidZania India. Walaupun tidak diketahui secara pasti nominal yang diinvestasikan Shah Rukh Khan, tetapi Direktur dan CEO KidZania, India Sanjeev Kumar mengatakan kepada Business Standard bahwa proyek mereka di Mumbai merogoh kocek sekitar 100 crore rupee atau sekitar Rp186,2 miliar.

6. Kolkata Knight Riders
Shah Rukh Khan juga memiliki saham di tim kriket Kolkata Knight Riders sebesar 55 persen. Dengan demikian, secara tidak langsung Shah Rukh Khan menjadi pemilik tim tersebut.

7. Endorsement
Sebagai seorang superstar, tentu Shah Rukh Khan mendapat banyak endorsement dari berbagai merk. Wajahnya telah menghiasi dalam iklan beberapa produk seperti Pepsi, Whirlpool, Nokia, Hyundai, Tag Heuer, Dish TV, Big Basket dan Byjus.

Berdasarkan laporan Business Insider, Shah Rukh Khan mengenakan biaya sekitar 3,5 crore hingga 4 crore rupee atau sekitar Rp6,5 miliar hingga Rp7,4 miliar per hari untuk sesi pemotretan iklan.

Kesuksesan Shah Rukh Khan tidak hanya menghasilkan kekayaan fantastis. Namun, dirinya juga meraih berbagai penghargaan sepanjang kariernya. Terbaru, ia menyabet penghargaan Global Icon of Cinema and Cultural Narrative Award atas kontribusinya sebagai Ikon Internasional Sinema dan Budaya di Sharjah International Book Fair (SIBF) 2022.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *