Doyan Makan Durian Penyebab Darah Tinggi, Mitos atau Fakta?

Makan Durian Penyebab Darah Tinggi
durian
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idDurian merupakan buah yang banyak disukai masyarakat di Asia Tenggara meski memiliki bau yang khas. Namun sayangnya, buah yang tajam dan tajam ini sering dikaitkan dengan beberapa risiko kesehatan, seperti tekanan darah tinggi.

Lantas benarkah durian bisa menyebabkan darah tinggi?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tinjauan literatur tahun 2020 mencoba meninjau beberapa penelitian sebelumnya tentang efek durian terhadap hipertensi. Hasilnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indonesian Journal of Global Health Research menemukan bahwa dosis durian yang berbeda memiliki efek berbeda pada tekanan darah sistolik dan diastolik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis kecil durian mungkin hanya mengandung sejumlah kecil senyawa bioaktif yang meningkatkan tekanan darah sistolik rata-rata.

Beberapa penelitian sebelumnya juga menunjukkan perbedaan hasil antara pasien sehat dan hipertensi.

Lalu, apa kesimpulannya?

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa konsumsi durian dalam jumlah sedikit atau dosis rendah tidak mempengaruhi tekanan darah dan nadi. Meski begitu, sebaiknya tetap dihindari makan durian berlebihan khususnya bagi penderita hipertensi.

Durian kecil berukuran kurang lebih 600 gram memiliki 885 kalori. Jumlah tersebut sudah memenuhi sekitar 44 persen dari kebutuhan kalori harian orang dewasa sebanyak 2000 kalori per hari.

Oleh karena itu, konsumsi durian berlebihan yang tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat dan aktif, dapat menyebabkan obesitas. Kondisi obesitas meningkatkan risiko sejumlah penyakit, seperti diabetes, darah tinggi, jantung, dan stroke.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *