Pribumisasi Islam di Jerman

Pribumisasi Islam di Jerman
Islam di Jerman
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh karena itu, sebagaimana dikatakan oleh Prof. Azyumardi Azra dalam bukunya berjudul “Dari Harvard Hingga Makkah” terbit pada tahun 2005. Maka harus dimunculkan gagasan tentang “Islam Jerman”, yakni Islam yang tidak lagi berorientasi ke Turki atau Arab Saudi. Jika selama ini para imam atau khatib berasal atau didatangkan dari Turki, kini sudah waktunya bagi para imigran Muslim Turki untuk menghasilkan imam dan khatib mereka sendiri, yang diharapkan mampu menghadirkan Islam dengan konteks Jerman.

Wacana tentang “Islam Jerman” di kalangan para pemikir Islam di Indonesia merupakan wacana yang sama tentang “pribumisasi”. Islam yang berkembang mengikuti kontekstualisasi dari sosial dan budaya lingkungannya (Azra, 2005). Sebagaimana dikatakan oleh Gus Dur bahwa Islam perlu menyesuaikan diri dengan kondisi kultural dimana Islam itu ditempatkan. Bagaimana Islam mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi kultural yang berbeda-beda sekaligus berubah-ubah. Oleh karena itu, dibutuhkan sikap saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya. Seperti keislaman dan keindonesiaan, antara Islam dan wathoniyah atau ketanahairan (Jerman, Turki, Amerika, Rusia, serta China), adalah satu dan saling melengkapi, yang sifatnya komplementer (Izad, 2019).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Referensi:

Azra, A. (2005). Dari Harvard Hingga Makkah. Jakarta: Penerbit Republika.

Izad, R. (2019, Agustus 2). Gus Dur dan Warisan Pribumisasi Islam. Retrieved from gusdurian.net.

Kirana, A. (2021, April 29). Jumlah Muslim di Jerman Bertambah Satu Juta Dalam Lima Tahun Terakhir. Retrieved from suaradewan.com.

Mahavikri, A. (2021, Mei 14). Islam di Jerman: Hadirnya Allah di Tanah Kristus. Retrieved from Jermanesia.com.

Sasongko, A. (2019, Maret 28). Wajah Islam di Jerman. Retrieved from republika.co.id.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *