Khasiat Membaca Surah Al-Fatihah sebanyak 7 kali

Membaca Surah Al-Fatihah
Membaca Surah Al-Fatihah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idSurah Al-Fatihah merupakan Surah khusus Al-Qur’an. Surat Al-Fatihah tidak hanya sebagai pembuka kitab suci Al-Qur’an, tetapi juga disebut Ummul Qur’an (induknya Al-Qur’an).

Karena Al-Fatihah adalah induk dari segala isi Al-Qur’an, maka disebut juga Ummul Al-Qur’an atau pembukaan Kitab Suci Al-Qur’an. Surah ini memiliki kualitas dan kebajikan yang luar biasa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Secara bahasa, Al-Fatiḥah berarti pembukaan. Surah ini diturunkan di Mekkah dan terdiri dari 7 ayat. Surah ini memiliki 139 huruf dan 25 kata.

Di antara keutamaan Surah ini disebutkan dalam Hadits riwayat Ad-Darimi melalui Abu Sa’id secara marfu.

فَاتِحَةُ الْكِتَابِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ سُمٍّ

Artinya: “Fatihatul kitab (Surah Al-Fatihah) adalah obat penawar bagi segala jenis racun.” (HR Ad-Darimi)

Manfaat Membaca 7 Kali

Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali pernah menganjurkan untuk membaca Surah Al-Fatihah sebanyak 7 kali setelah sholat Jumat. Tak hanya Al-Fatihah, beliau juga menganjurkan membaca Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, serta An-Naas.

“Barangsiapa membaca Surah Al-Fatihah, Al-Ikhlas dan Surah Al-Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas) masing-masing 7 kali setelah salam dari sholat Jumat dan sebelum dia melipat kedua kakinya (dalam posisi Tasyahud Akhir), maka diampunilah dosa yang telah diperbuat, diberikan pahalanya orang beriman pada Allah dan Rasul-Nya, serta dijanjikan untuk dijauhkan dari kejelekan hingga Jumat berikutnya.”

Selain itu, bagi orang tua yang ingin anaknya menjadi penurut juga bisa mengamalkan membaca Al-Fatihah 7 kali setelah sholat fardhu. Dengan izin Allah, dengan niat yang ikhlas dan mengharap ridho Allah, bacaan tersebut bisa meluluhkan hati dan membuat si anak menjadi penurut.

Khasiat berikutnya, dapat mengobati berbagai luka serta penyebaran racun binatang berbisa seperti sengatan kalajengking. Mengutip e-book berjudul “Intisari Kitab Mujarobat” karya Muhammad Ulin Nuha, caranya dengan membaca Al-Fatihah sebanyak 7 kali. Kemudian meludah kecil ke kapas dan tempelkan pada luka di tubuh.

Kemudian, untuk mencegah racun sengatan kalajengking, caranya dengan mengambil wadah dan diisikan air serta garam, lalu bacakan Al-Fatihah sebanyak 7 kali. Setelah itu, tuangkan air itu ke bagian tubuh yang tersengat kalajengking.

Adapun keutamaan lain dari Surah Al-Fatihah dapat dihadiahkan untuk orang yang meninggal dunia. Dari Ibnu Umar mengatakan, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Ketika salah satu kalian ada yang mati maka janganlah kalian menahannya, segeralah kalian membawanya ke makam dan bacakanlah Al-Fatihah di samping kepalanya.” (HR Al-Baihaqi)

Menurut Imam Ahmad bin Hanbali, boleh menghadiahkan pahala bacaan Al-Qur’an kepada mayit dan itu bisa bermanfaat bagi mayit. Ini pendapat yang masyhur dari beliau.

Demikian beberapa khasiat membaca Surah Al-Fatihah 7 kali. Semoga bermanfaat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar