Ratusan Anak Usia Dini Berkompetisi di Nasima Anniversary Festival (NAF)

Nasima Anniversary Festival (NAF)
FOTO BERSAMA: Kepala SD Nasima, TY Raharjo SPd (paling kiri) berfoto bersama dengan para juara lomba hafalan surah pendek Al-Qur’an dalam even Nasima Anniversary Festival (NAF) 2023 didampingi guru Pendidikan Agama Islam SD Nasima, Musiyono SPdI yang berpakaian wayang Arjuna.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



SEMARANG, Hajinews.id – Ratusan anak usia dini se-Kota Semarang memadati kampus KB-TK Nasima di Jalan Puspanjolo Tengah Raya 69 dan SD Nasima di Jalan Puspanjolo Selatan 53 Semarang.

Mereka hadir ditemani orang tua dan guru pendamping untuk menjadi peserta aneka lomba yang diselenggarakan dalam kegiatan Nasima Anniversary Festival (NAF) 2023.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Direktur Pendidikan I Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nasima, Sri Budiani MPd menjelaskan, NAF merupakan rangkaian peringatan HUT ke-29 Sekolah Nasima. Mereka terdiri dari 410 anak-anak usia prasekolah, Kelompok Bemain (KB), dan Taman Kanak-kanak (TK) di luar Nasima serta peserta didik TK B Nasima.

“Anak-anak usia dini perlu kita fasilitasi untuk bertumbuh kembang kecerdasan majemuknya melalui beragam aktivitas bermain sambil belajar dalam kemasan yang menarik. Salah satunya melalui lomba-lomba di KB-TK dan SD Nasima ini,” kata Sri Budiani MPd dalam sambutan pembukaan NAF 2023.

Menurut Budiani, selain kegiatan lomba, juga ada kegiatan pameran hasil kreativitas dan pentas ekstrakurikuler, serta bazaar entrepreneur for kids atau stand-stand kewirausahaan peserta didik Nasima.

“Yayasan, sekolah, orang tua, dan masyarakat terlibat dalam kesuksesan kegiatan ini. Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan proses pendidikan membutuhkan sinergi atau gotong royong semua stakeholder pendidikan,” katanya.

Jenis Lomba

Kepala SD Nasima, TY Raharjo SPd menjelaskan, ada lima jenis lomba yang diselenggarakan di lokasi KB-TK Nasima untuk anak-anak usia di bawah tiga tahun dan kelompok bermain, yaitu lomba halang rintang, baby dancing, doa sebelum makan, memasukkan bola, dan ring donat. Sedangkan di SD Nasima ada delapan mata lomba yang terbagi untuk anak TKA dan TKB, masing-masing empat mata lomba. Lomba untuk anak TK A adalah menata puzzle, menyanyi lagu anak, hafalan surat pendek Al-Qur’an, dan menendang bola.

Lomba untuk TKB ialah menata puzzle, menyanyi lagu nasional, hafalan surat pendek Al Qur’an, dan menendang bola. Khusus untuk anak-anak TK B Nasima berlomba di bidang hafalan surat pendek Al-Qur’an dan komputer.

Selama dan setelah lomba, anak-anak, guru, serta orang tua menikmati beragam kegiatan kreatif yang dikemas panitia NAF 2023. Ada dua panggung, yaitu di halaman KB-TK Nasima dan SD Nasima. Beragam pentas kreatif ditampilkan anak-anak Nasima. Di panggung KB-TK ada anak-anak TK A dan B Nasima, serta kelas I dan II SD Nasima yang menampilkan beberapa tarian yang rancak dan menghibur. Sedangkan di panggung SD Nasima ada pentas anak-anak dari SD Nasima dan SMP Nasima. Anak-anak SD Nasima menampilkan aneka gerakan tim dan individu dari  ekstrakurikuler taekwondo, beberapa tarian kreasi, dan pantomim. Sedangkan anak-anak SMP mementaskan tari Ratoh Jaroe dan musik band.

Pameran hasil karya anak dipajang di aula terbuka SD Nasima. Karya-karya tersebut merupakan hasil pembelajaran berbasis projek semua mata pelajaran maupun karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Sebagian besar mengolah bahan-bahan bekas. Ada karya-karya dua dimensi, seperti gambar, lukisan, dan poster, serta karya-karya tiga dimensi, misalnya robotika, kreasi kain perca, kostum wayang, miniatur bangunan, dan sebagainya.

Para Juara

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *