Kisah Sang Penghuni Surga yang Belum Pernah Melaksanakan Salat 1 Rakaat Pun

Penghuni Surga yang Belum Pernah Melaksanakan Salat
Penghuni Surga yang Belum Pernah Melaksanakan Salat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Dia adalah Amr bin Tsabit bin Waqsy. Salah satu laki-laki di zaman Nabi SAW yang dijanjikan surga meski tidak pernah salat satu rakaat pun seumur hidupnya.

Pria yang kerap disapa Al Ushairim ini, meski berkali-kali disebut masuk Islam. Namun, mengutip kisah yang diterjemahkan dalam Sirah Nabawiyah karya Syekh Syafiyyurahman Al Mubarakfuri, Ushairim menolak tawaran tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hingga suatu waktu Ushairim datang bersama sahabatnya, saat itu Rasulullah SAW bersama pasukannya tengah berada di Uhud untuk mempersiapkan perang. Ia bertanya, “Di manakah Sa’ad bin Mu’adz?”

Mereka menjawab, “Di Uhud,”

Ia bertanya lagi, “Di manakah anak-anak saudaranya?”

Mereka menjawab, “Di Uhud,”

Ia bertanya tentang kaumnya, mereka pun menjawab, “Di Uhud,”

Atas izin Allah SWT, menjelang Perang Uhud, Allah SWT memberikan petunjuk kepada Ushairim pada jalan yang benar. Ia merasa perlu memeluk agama Islam dan mulai mengambil pedangnya lalu segera menyusul Rasulullah SAW.

Ushairim menunggangi kudanya dan bergabung bersama pasukan muslimin yang tengah berperang. Namun, saat kaum muslimin melihatnya, mereka berkata, “Tinggalkanlah kami wahai Amr!”

Ushairim balas menyahut dengan, “Aku sudah beriman,” Ia pun turut berperang dengan mati-matian hingga harus terluka parah. Bahkan, tidak ada seorang pun dari pasukan muslim mengetahui nasibnya.

Saat perang usai, orang-orang dari keluarga besar Bani Abdul Asyhal pun berkeliling memeriksa para korban yang berjatuhan. Mereka tengah mencari korban dari pasukan kaum muslimin hingga akhirnya mereka mendapati Ushairim sudah dalam keadaan kritis yang mana tubuhnya masih terhujam tombak kecil.

Mereka berkata, “Demi Allah, ini pasti Ushairim. Saat kami meninggalkannya, dia masih menolak perintah kami (untuk masuk Islam),”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *