Kultum 3: Rasulullah Tidur, Kita Malah Begadang

4 Peringatan "Keras"
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Keempat, sesuai contoh dari Rasulullah, tidurlah dengan posisi miring ke kanan. Ingat, posisi ketika tidur juga akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Posisi tidur miring ke kanan ini secara ilmiah bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan posisi ini juga sesuai dengan contoh dari Rasulullah. Posisi demikian akan membantu jantung memompa darah secara maksimal dan mengistirahatkan otak kiri yang biasa sibuk sehari-hari.

Kelima, minumlah segelas air putih sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Ini akan membantu tubuh kita menjadi lebih segar dengan asupan oksigen yang ada dalam air mineral. Selain itu, asupan cairan juga akan membuat tidur kita menjadi lebih berkualitas. Tentunya, badan kita akan menjadi lebih bugar saat tersadar dan bangun dari lelap tidur di tengah malam selama 4 sampai 5 jam tadi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Keenam, pasanglah alarm. Pilihlah nada yang lembut, tapi jika masih dalam taraf latihan, pilih nada yang lebih keras agar terlatih untuk terbangun dengan mudah dulu. Jika alarm sudah berdering, jangan malah dimatikan lagi. Langsung baca, “alhamdulillahi lladzii akhyanaa ba’damaa amaatana wa ilaihin nnusuur”. Lalu bangunlah pelan-pelan, bila perlu tambah lagi bacaan bangun tidur itu. Duduk dulu satu menit, lalu mulai melangkah menuju kamar mandi untuk buang air kecil dan berwudlu.

Ketujuh, jadikan shalat malam kegiatan rutin agar tidak terasa berat melakukannya. Demikian juga dengan bangun sepertiga akhir malam untuk sholat tahajud. Pada awal-awal kita berlatih, memang berat, tapi sekali lagi jika sudah terbiasa dengan cara-cara dan strategi tertentu, maka akan menjadi mudah.

Berlatih untuk kebaikan memang terasa berat, berbeda dengan berlatih untuk begadang sampai malam. Untuk pintar begadang itu bahkan bisa tanpa latihan, karena pasti dibantu syetan. Modalnya hanya punya pulsa, ada berita yang lucu atau menarik untuk dishare, dan pasti ada teman.

Semoga sedikit yang kita bagi bersama hari ini bermanfaat bagi kita semuanya, dan jika sekiranya bermanfaat bagi pembaca lain, mari kita sebar tulisan ini agar menjadi pahala jariyah kita semua, aamiin.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat kita untuk bersyukur karena dijadikan Allah hamba yang beriman, dan kalau sekiranya kultum ini memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh                              —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *