PDIP Menyeleksi Lima Kader Banteng Untuk Jadi Calon Presiden

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Misteri nama calon presiden yang bakal diusung oleh PDIP di Pilpres 2024 mendatang masih belum diketahui. Tak pernah ada kisi-kisi yang dibocorkan PDIP mengenai ciri sosok capresnya.

Akan tetapi, di balik hingar bingar dinamika koalisi partai lain serta manuver kandidat capres jelang Pilpres 2024, PDIP sedang sibuk menyeleksi kadernya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut sumber, sebagaimana dilansir CNNIndonesia yang merupakan politikus PDIP, saat ini seleksi sudah mengerucut menjadi lima kader. Semuanya dipertimbangkan berdasarkan kualitas dan riwayatnya selama ini sebagai kader PDIP.

“Sekarang sudah jadi lima nama,” ucap sumber CNNIndonesia tersebut.

Lima nama kader yang tengah diseleksi itu adalah mereka yang lolos dari tahapan sebelumnya. Sempat ada belasan nama kader PDIP yang dipersiapkan, namun dicoret dan tidak lolos tahapan seiring berjalannya waktu.

Ada syarat umum dan khusus yang ditetapkan PDIP dalam menggodok nama-nama kader untuk diusung di Pilpres 2024 mendatang.

Syarat umum yang dimaksud yakni tidak pernah memiliki riwayat masalah dengan PDIP. Tentunya tidak pernah diberikan surat peringatan dari DPP PDIP.

Mengenai syarat khusus, sumber menyebutkan belum mau merinci. Dia hanya mengatakan bahwa DPP PDIP menyeleksi dan melihat kualitas kandidat dengan wawancara tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kebangsaan.

“Kualitas harus diutamakan,” kata sumber tersebut.

Akan tetapi, sumber pun enggan membeberkan nama-nama kader yang tengah diseleksi oleh DPP PDIP.

PDIP adalah partai yang digadang-gadang menjadi pemenang di Pemilu 2024 mendatang berdasarkan hasil survei banyak lembaga. PDIP selalu diprediksi meraih banyak suara di pemilihan anggota DPR.

Berangkat dari kans dan popularitas besar PDIP untuk memenangkan Pemilu 2024 itu, wajar jika banyak yang menanti siapa sosok calon presiden yang akan diusungnya.

PDIP juga satu-satunya partai politik peserta Pemilu 2024 yang bisa mendaftarkan capres-cawapres ke KPU tanpa harus berkoalisi. Pasalnya, mereka sudah memenuhi syarat kepemilikan 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara nasional hasil pemilu sebelumnya.

Sebagaimana dilansir CNNIndonesia.com CNN sudah menghubungi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kepala Badan Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto untuk mengonfirmasi proses seleksi capres tersebut. Namun belum ada yang merespons.

Kandidat diseleksi jadi 3 pada Maret

Sumber CNNIndonesia.com yang lainnya mengatakan seleksi kader untuk dijadikan kandidat capres akan mengerucut menjadi tiga nama pada Maret mendatang dan tidak akan diumumkan kepada publik.

Setelah itu akan menjadi satu nama di bulan Juni mendatang dan akan diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Rencananya itu Juni akan diumumkan. Rencananya,” ucap sumber CNNIndonesia.com tersebut.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Hendrawan Supratikno melalui pesan singkat untuk mengonfirmasi proses seleksi dan rencana pengumuman capres tersebut. Namun belum ada yang merespons.

PDIP bakal menggelar acara besar di Gelora Bung Karno di Hari Lahir Pancasila 1 Juni mendatang. Kader dari berbagai daerah akan berkumpul di sana.

Namun, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan capres dari partainya tidak akan diumumkan pada momen tersebut.

“Nanti momentum capres akan dilakukan pada momentum lain,” kata Hasto ditemui usai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PDI-P di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1).

Mengenai sosok capres, Hasto pernah mengatakan partainya tidak mengutamakan popularitas. Dia menganggap selama ini bursa capres seolah dibentuk oleh lembaga survei yang hanya didasari popularitas.

PDIP, kata Hasto, tidak mau terpaku pada hal tersebut. Hasto mengatakan PDIP akan melihat kualitas dan kapabilitas sosok untuk memimpin Indonesia ketimbang hanya bermodal popularitas.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *