Muslim Wajib Tahu! Ini 7 Penyebab Mandi Wajib Tidak Sah

Penyebab Mandi Wajib Tidak Sah
Penyebab Mandi Wajib Tidak Sah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Penyebab mandi wajib tidak sah yakni air yang ada di tubuh sudah mutaghoyyir atau berubah zat karena terkontaminasi sampo dan sabun.

KH Bahauddin Nursalim (Gus Baha) mengatakan, syarat sahnya mandi junub untuk menghilangkan hadats besar jangan ada di tubuh sesuatu yang bisa mengubah (sifat) air (mutaghayyir) dengan memakai shampo sebelum mandi junub selesai.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Makanya banyak orang yang salah. Baru satu ciduk sudah pakai shampo. Itu kan berarti kondisi air yang ada di tubuh sudah berubah karena terkontaminasi shampo tadi. Sebaiknya, selesaikan dulu mandi junubnya sampai selesai baru memakai shampo,” kata Gus Baha dalam pengajian dikutip gusbahaonline.

5. Rambut Masih Kering

Penyebab mandi wajib tidak sah selanjutnya yakni masih ada bagian rambut yang kering atau tidak terkena air. Karenanya, bagi perempuan yang rambutnya panjang diharuskan untuk mengurainya agar terguyur air seluruhnya. Bagi laki-laki yang memiliki jenggot tebal juga harus membasahi setiap helai rambut jenggot tanpa terkecuali.

6. Masih Ada Benda di Tubuh yang Tidak Tertembus Air

Penyebab mandi wajib tidak sah lainnya yakni masih adanya anggota badan yang tertutupi benda atau zat yang tidak tertembus air seperti cat, kutek, cat rambut dan bahan make-up antiair. Karena itu, sebelum mandi wajib dilakukan pastikan dulu semua benda sudah bersih di tubuh, kulit maupun kuku.

7. Tidak Memenuhi Rukun Mandi Wajib

Penyebab mandi wajib tidak sah lainnya yakni tidak memenuhi tiga rukun seperti membaca niat, membersihkan najis yang menempel, dan mengguyur air ke seluruh rambut dan anggota tubuh.

Itulah penyebab mandi wajib tidak sah yang mesti diperhatikan Muslim agar ibadah yang akan dijalani diterima Allah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *