Mengapa Dajjal tidak disebutkan dalam Al-Qur’an? Inilah penjelasannya

Mengapa Dajjal tidak disebutkan dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an. Foto: ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Munculnya Dajjal merupakan salah satu tanda datangnya hari kiamat. Nabi SAW banyak menjelaskan tentang kejahatan Dajjal tetapi tidak ada ayat dalam Al-Qur’an yang menyebutkan Dajjal.

Dajjal digambarkan sebagai sosok yang sangat nakal dan jahat yang menyebabkan bencana di mana-mana. Dajjal juga pembohong besar yang fitnahnya sangat berbahaya. Hal ini dijelaskan dalam banyak hadits Rasulullah SAW.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Rasulullah SAW juga mengingatkan agar waspada terhadap Dajjal.

Tapi mengapa Dajjal tidak dijelaskan dalam Al-Qur’an dan tidak diperingatkan, bahkan tidak disebutkan namanya, apalagi kebohongan dan kedurhakaan yang dilakukannya?

Menurut Ibnu Katsir dalam bukunya Pembantaian Hari Penghakiman, ada banyak penjelasan yang bisa menjelaskan mengapa Dajjal tidak disebutkan dalam ayat-ayat Alquran.

Mengapa Dajjal Tidak Tercatat dalam Al-Qur’an?

Ada beberapa penjelasan yang bisa menerangkan alasan mengapa Dajjal tidak disebutkan dalam Al-Qur’an. Salah satunya adalah sebagai cara Allah SWT menghinakan Dajjal.

Meskipun tidak tercatat dalam Al-Qur’an, Dajjal akan muncul di akhir zaman.

  1. Dajjal telah diisyaratkan dalam Al-Qur’an

Meskipun tidak disebutkan dan dijelaskan secara gamblang, namun sebenarnya ada ayat Al-Qur’an yang mengisyaratkan tentang munculnya Dajjal. Yakni dalam surat Al-An’am ayat 158:

هَلْ يَنظُرُونَ إِلَّآ أَن تَأْتِيَهُمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ أَوْ يَأْتِىَ رَبُّكَ أَوْ يَأْتِىَ بَعْضُ ءَايَٰتِ رَبِّكَ ۗ يَوْمَ يَأْتِى بَعْضُ ءَايَٰتِ رَبِّكَ لَا يَنفَعُ نَفْسًا إِيمَٰنُهَا لَمْ تَكُنْ ءَامَنَتْ مِن قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِىٓ إِيمَٰنِهَا خَيْرًا ۗ قُلِ ٱنتَظِرُوٓا۟ إِنَّا مُنتَظِرُونَ

Artinya: “Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka) atau kedatangan (siksa) Tuhanmu atau kedatangan beberapa ayat Tuhanmu. Pada hari datangnya ayat dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: “Tunggulah olehmu sesungguhnya Kamipun menunggu (pula)”.”

Menurut riwayat Abu Isa At-Tirmidzi dari Abu Hurairah , Nabi bersabda,

“Ada tiga hal, yang apabila telah muncul (terjadi), maka iman seseorang yang sebelumnya tidak beriman tidak bermanfaat bagi dirinya, atau dia tidak mengerjakan kebaikan dalam masa imannya: Dajjal, Dabbah dan terbitnya matahari dari barat.”

Menurut At-Tirmidzi, hadits ini hasan shahih.

  1. Nabi Isa datang untuk membunuh Dajjal

Isa bin Maryam akan turun dari langit yang terdekat ke Bumi lalu membunuh Dajjal, sebagaimana dinyatakan dalam hadits. Sementara dalam Al-Qur’an diterangkan pada Firman Allah dalam surat An-Nisa ayat 157-159.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *