Serahkan Wacana Tunda Pemilu ke Parpol, Bamsoet: Saya Cuma Pegang Palu

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet (ist)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengatakan peluang terwujudnya penundaan pemilu tergantung bagaimana sikap partai politik di DPR. Menurut Bamsoet dirinya sebagai Ketua MPR hanya memegang palu Sidang Istimewa.

“Sangat tergantung pada parpol-parpol yang ada di parlemen ini. Kalau saya kan cuma megang palu saja,” kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta, Ahad (5/2).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bamsoet sempat ditanya soal sikap parpol-parpol di parlemen untuk memperpanjang masa jabatan presiden atau menunda pemilu. Namun politikus Partai Golkar itu menolak menjawab pertanyaan.

“Ya tanya ketum parpolnya dong,” ujarnya singkat.

Sebelumnya, pada akhir tahun lalu Bamsoet mewacanakan penundaan pemilu. Ia menilai penyelenggaraan Pemilu 2024 perlu dipikirkan ulang.

Politikus Partai Golkar itu berpendapat banyak potensi atau ancaman yang perlu diwaspadai bangsa dan negara. Ia juga menyinggung soal pemulihan bangsa dan negara akibat pandemi Covid-19.

Di sisi lain, dia juga mengaku khawatir dengan ancaman global.

“Ini juga harus dihitung betul, apakah momentum (Pemilu 2024) tepat dalam era kita tengah berupaya melakukan recovery bersama terhadap situasi ini dan antisipasi, adaptasi terhadap ancaman global seperti ekonomi, bencana alam, dan seterusnya,” kata Bamsoet saat itu.

Ia turut menyinggung wacana perpanjangan masa jabatan presiden saat merespons hasil survei Poltracking Indonesia yang menyatakan tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebesar 73,2 persen.

Bamsoet meminta Poltracking Indonesia menganalisa lebih lanjut terkait korelasi kepuasan masyarakat dengan keinginan perpanjangan masa jabatan presiden.

“Apakah kepuasan ini ada korelasinya dengan keinginan masyarakat terhadap beliau (Presiden Jokowi) tetap memimpin kita melewati masa transisi ini,” ujar dia.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *