Kultum 11: Apa Sebenarnya Sholawat Itu

Apa Sebenarnya Sholawat Itu
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.id – Secara bahasa as-sholawat (الصلوات) adalah bentuk jamak dari kata as-sholat (الصلاة) yang berarti doa. Dengan demikian, bersholawat kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berarti mendoakan kebaikan bagi beliau. Jadi, ketika kita bersholawat kepada Rasulullah, kita berdoa untuk kebaikan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Secara terminologi (istilah), sholawat adalah bentuk doa dan pujian untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Dalam hal ini, ada tiga jenis sholawat, yaitu sholawat yang datangnya dari Allah, sholawat dari malaikat, dan sholawat dari manusia atau umatnya, sebagai ibadah kepada Allah Subhanallahu wata’ala. Tiga jenis sholawat inilah yang perlu kita pahami satu per satu.

Menurut sebagian ulama, sholawat dari Allah itu artinya  pemberian rahmat dan kemuliaan. Berbeda dengan sholawat dari malaikat, yang artinya adalah permohonan ampunan untuk Rasulullah. Berbeda pula dengan sholawat dari umat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, yang berarti doa agar beliau tetap berlimpah rahmat dan kemuliaan.

Menurut Imam Nawawi, sholawat dari Allah Subhanallahu wata’ala berarti “menambah kemuliaan kepada Rasulullah”. Ada pula ulama yang menjelaskan bahwa sholawat dari Allah Subhanallahu wata’ala berarti bahwa Allah Subhanallahu wata’ala memuji Muhammad di hadapan para malaikat-Nya. Dalam Tafsirnya, Al-Qurthubi mengatakan,

وَالصَّلَاةُ مِنَ اللَّهِ رَحْمَتُهُ وَرِضْوَانُهُ،

وَمِنَ الْمَلَائِكَةِ الدُّعَاءُ وَالِاسْتِغْفَارُ،

وَمِنَ الْأُمَّةِ الدُّعَاءُ وَالتَّعْظِيمُ لِأَمْرِهِ

Artinya:

Sholawat dari Allah Subhanallahu wata’ala bermakna rahmat dan ridha-Nya, sholawat dari malaikat bermakna doa dan istighfar, dan sholawat dari umat manusia bermakna doa dan pengagungan atas Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam (Tafsir al-Qurthubi, Juz 14, halaman 234).

Di seluruh dunia ini, kalimat sholawat tetap sama. Hanya saja kata-kata yang dilibatkan dalam kalimat sholawat itu berbeda. Kalimat itu adalah,

وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ

Artinya:

Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Muhammad Rasulullah.

Ada pula kalimat sholawat yang ditambah dengan kata سَيِّدِنَا sehingga menjadi sedikit lebih panjang,

وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا

مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ.

Artinya:

Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada tuan kita Muhammad Rasulullah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *