Hal Sederhana Untuk Menjawab 6 Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur

Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur
kuburan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Setelah kematian, manusia memasuki alam Barzah. Sederhananya, orang dimakamkan dan itulah mengapa disebut alam kubur.

Tak lama kemudian datanglah dua malaikat yang sangat populer di kalangan umat Islam, Munkar dan Nakir. Jaraknya hanya sesaat setelah jasad seseorang dikuburkan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kedua malaikat itu kemudian mengajukan pertanyaan di dalam kubur. Rasulullah SAW bersabda bahwa ketika seseorang dimakamkan di sebuah kuburan dan para pengiringnya telah meninggalkannya, maka dua malaikat yaitu malaikat Munkar dan Nakir segera datang untuk menanyakan tentang tiga hal pokok yaitu:
Siapa tuhannya, apa agamanya dan siapa nabinya?

Hadits tersebut sebagaimana diriwayatkan dari Al-Barra’ bin Azib:

فَيَأْتِيهِ مَلَكَانِ شَدِيدَا الاِنْتِهَارِ فَيَنْتهِرَانِهِ وَيُجْلِسَانِهِ فَيَقُولاَنِ لَهُ: مَنْ رَبُّكَ؟ مَا دِينُكَ؟ مَنْ نَبِيُّكَ؟ فيأتيه ملكان شديدا الانتهار فينتهرانه، ويجلسانه، فيقولان له: من ربك؟ ما دينك؟ من نبيك؟

Dalam beberapa riwayat dikatakan ketiga pertanyaan pokok tersebut diikuti dengan tiga pertanyaan berikutnya sehingga berjumlah enam pertanyaan sebagai berikut:

1. Man rabbuka? Siapa Tuhanmu?

2. Ma dinuka? Apa agamamu?

3. Man nabiyyuka? Siapa Nabimu?

4. Ma kitabuka? Apa kitabmu?

5. Aina qiblatuka? Di mana kiblatmu?

6. Man ikhwanuka? Siapa saudaramu? Sidang Jum’ah Rahimakumullah…

Keenam pertanyaan di alam kubur di atas tampak sepele untuk dijawab. Namun, sebenarnya tidak demikian sebab semua bergantung pada amal masing-masing semasa hidupnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *