10 Jurusan Kuliah yang Bakal Booming di Masa Depan

Jurusan Kuliah yang Bakal Booming di Masa Depan
Jurusan Kuliah yang Bakal Booming di Masa Depan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Sebelum menentukan jurusan kuliah dalam Seleksi Berbasis Prestasi Nasional (SNBP) atau Seleksi Berdasarkan Ujian Nasional (SNBT), ada baiknya mempertimbangkan jurusan kuliah yang akan booming di masa depan.

Mengapa booming, karena adalah dunia saat ini sedang memasuki revolusi Industri 4.0 sehingga banyak perusahaan yang mencari pekerja mengerti bidang teknologi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Misalnya data analyst, computer engineer, web design, hingga pekerjaan lain yang terkait teknologi.

Menurut Oxford Economics dan AS Cisco, perubahan tersebut dapat menciptakan 28 juta pekerjaan baru selama dekade berikutnya.

Menurut hasil World Economic Forum’s Future of Jobs 2020 Report, otomatisasi dunia kerja yang semakin meningkat akan menyebabkan perubahan metode kerja lebih cepat dari yang diharapkan di masa mendatang.

Itu juga menciptakan 97 juta pekerjaan baru, menjadikan pemikiran analitis, kreativitas, dan fleksibilitas sebagai keterampilan yang paling dibutuhkan.

Lalu, agar tak ketinggalan, kamu harus mencari jurusan kuliah yang dibutuhkan banyak pekerjaan di masa depan.

Jurusan kuliah apa yang dibutuhkan di masa depan? Berikut rincian jurusan yang bakal booming di masa depan dirangkum oleh Kompas.com.

1. Jurusan Teknik Informatika

Salah satu jurusan yang bakal booming di masa depan adalah jurusan Teknik Informatika.

Mahasiswa jurusan kuliah ini dibentuk agar menjadi ahli dalam bidang teknologi. Bahkan, di jurusan kuliah ini kamu akan belajar tentang pemrograman hingga membuat aplikasi.

2. Jurusan Teknik Elektro

Kebutuhan ilmu dari jurusan kuliah ini telah terbukti terus dibutuhkan hingga sekarang dan masa depan.

Tanpa adanya lulusan dari jurusan ini, perkembangan teknologi internet dan komunikasi mungkin tidak sebaik sekarang. Karena itu, jurusan ini termasuk yang bakal booming di masa depan.

3. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan jurusan yang cukup baru di Indonesia. Bahkan, di tahun 2021, hanya Universitas Airlangga (Unair) yang memiliki jurusan kuliah ini.

Ke depan, jurusan ini bisa booming seiring dengan kebutuhan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di banyak perusahaan. Apakah kamu akan memilih jurusan ini di SNBP atau SNBT 2023?

4. Jurusan Teknik Mesin

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *