SMP Negeri 4 Purwodadi Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Jateng

SMP Negeri 4 Purwodadi Menuju Sekolah Adiwiyata
MENATA TAMAN GANTUNG: Seorang Guru dan peserta didik SMP Negeri 4 Purwodadi sedang menata taman gantung sekolahnya.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



GROBOGAN, Hajinews.id – Kepala SMP Negeri 4 Purwodadi Suwendi SPd mengatakan, pihaknya mengajukan diri sebagai sekolah adiwiyata tingkat provinsi setelah berhasil menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Grobogan pada 2021

‘’Sekolah Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup,’’ kata Suwendi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Melalui program Sekolah Adiwiyata,  diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

‘’Sekolah Adiwiyata merupakan tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia untuk menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan,’’ tuturnya.

Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat penyadaran warga sekolah, sehingga menjadikan warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan sekolah.

Program ini menurutnya harus berdasarkan norma-norma kebersamaan, keterbukaan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam.

‘’Untuk menjadikan sekolah Adiwiyata tingkat provinsi yang peduli dan berbudaya lingkungan, SMP Negeri 4 Purwodadi telah melakukan berbagai persiapan baik fisik maupun nonfisik, seperti pembuatan taman dan perawatannya, penyediaan tempat sampah organik dan anorganik lengkap dengan bank sampahnya, edukasi kepada peserta didik, tentang pemilahan sampah, pemrosesan kompos, perawatan taman secara baik,’’ katanya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *