4 Keutamaan Rajin Membaca Surat Yasin, Menjadi Syafaat di Hari Kiamat Nanti

Keutamaan Membaca Surat Yasin
Keutamaan Membaca Surat Yasin
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – 4 keutamaan dengan rajin membaca surat Yasin berikut ini. Surat Yasin terdiri dari ayat 1-83. disebut sebagai jantung Al-Qur’an.

Lalu tahukah Anda, ada keutamaan rajin membaca Surat Yasin. Berikut ulasannya seperti yang telah dihimpun.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Mendapat pahala besar

Membaca Surat Yasin atau surat lainnya dalam Alquran akan memberikan pahala yang luar biasa besar. Pahalanya dihitung berdasarkan huruf per huruf yang jumlahnya sangat banyak:

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh yang semisal. Aku tidak katakan Alif Laam Miim itu satu huruf. Namun Alif itu satu huruf, Laam itu satu huruf, dan Miim itu satu huruf.” (HR Tirmidzi nomor 2910. Tirmidzi mengatakan hadits ini hasan sahih. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan sanad hadits ini hasan)

2. Mendapat syafaat di hari kiamat kelak

Kaum Muslimin yang membaca Surat Yasin atau surat lainnya di dalam kitab suci Alquran akan mendapat syafaat di hari kiamat kelak.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam riwayat dari Abu Umamah Al Bahiliy, (beliau berkata), “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

‘Bacalah Alquran karena Alquran akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafi’ (pemberi syafaat) bagi yang membacanya. Bacalah Az-Zahrowain (dua surat cahaya) yaitu Surat Al Baqarah dan Ali Imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya (bersambung satu dengan yang lainnya), keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca dua surat tersebut. Bacalah pula Surat Al Baqarah. Mengambil surat tersebut adalah suatu keberkahan dan meninggalkannya akan mendapat penyesalan. Para tukang sihir tidak mungkin menghafalnya’.” (HR Muslim nomor 1910. Lihat penjelasan hadits ini secara lengkap di At-Taisir bi Syarhi Al Jami’ Ash Shogir, Al Munawi, 1/388, Asy Syamilah)

3. Orang yang membacanya namanya akan harum

Dengan membaca Surat Yasin atau ayat-ayat Alquran lainnya maka nama seorang Muslim akan menjadi harum. Dijelaskan dalam riwayat dari Abu Musa Al Asy’ariy, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Permisalan orang yang membaca Alquran dan mengamalkannya adalah bagaikan buah utrujah, rasa dan baunya enak. Orang mukmin yang tidak membaca Alquran dan mengamalkannya adalah bagaikan buah kurma, rasanya enak namun tidak beraroma. Orang munafik yang membaca Alquran adalah bagaikan royhanah, baunya menyenangkan namun rasanya pahit. Dan orang munafik yang tidak membaca Alquran bagaikan hanzholah, rasa dan baunya pahit dan tidak enak.” (HR Bukhari nomor 5059)

4. Mendapat ketenangan

Membaca Alquran sama halnya dengan berdzikir. Seseorang yang memperbanyak dzikir maka dirinya akan tenang. Begitulah keutamaan orang-orang yang rajin membaca Surat Yasin atau surat lainnya dalam Alquran. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Ar-Ra’d (13): 28)

Inilah 4 keutamaan rajin membaca Surat Yasin. Semoga bermanfaat. Allahu a’lam bissawab.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *