8 Amalan Bulan Sya’ban Menurut Ajaran Nabi SAW: Puasa-Berdzikir

Amalan Bulan Sya'ban
Amalan Bulan Sya'ban
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Umat Islam merekomendasikan amalan-amalan di bulan Sya’ban berikut ini untuk diprioritaskan di bulan kedelapan kalender Islam. Berikut ini adalah kumpulan amalan di bulan sya’ban menurut ajaran Nabi SAW.

Bulan Sya’ban adalah bulan yang istimewa dari buku Doa & Amalan di Bulan Rajab, Syaban & Ramadhan, Rasulullah SAW bersabda “Syaban adalah bulanku. Barang siapa berpuasa sehari saja di bulanku ini, ia berhak mendapatkan surga”.

Sementara itu, diriwayatkan dari Imam Ja’far ash Shadiq bahwa jika mulai terlihat hilal bulan sya’ban, maka Rasulullah SAW menyuruh seseorang untuk menyerukan di Madinah, “Wahai warga Madinah, Syaban adalah bulanku. Allah SWT merahmati orang yang membantuku dalam bulanku.”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Selanjutnya, Imam Ja’far ash Shadiq meriwayatkan bahwa Imam Ali bin Abi Thalib mengatakan,”Sejak adanya seruan dari Rasulullah SAW tersebut, aku tidak pernah meninggalkan puasa pada bulan sya’ban, dan aku tidak akan meninggalkannya sepanjang hidupku, Insya Allah.”

8 Amalan Bulan Sya’ban

Berikut ini adalah 8 amalan bulan sya’ban dikutip dari detikHikmah dan buku Doa & Amalan di Bulan Rajab, Syaban & Ramadhan oleh Tim Zahra:

1. Membaca Istighfar 70 Kali Setiap Hari

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَ أَسْأَلُهُ التَّوْبَةَ

Astaghfirullah wa as aluhut taubah

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah dan aku meminta kepada-Nya agar diterima tobatku.”

2. Membaca Dzikir 70 Kali

أَسْتَغْفِرُ الله الَّذِي لآ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الحَيُّ القَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullahal-ladzi la ilaha illa Huwal-Hayyul-Qayyum, wa atubu ilaih

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah, Yang tiada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang Maha Mengurus, dan aku bertobat kepada-Nya).

Diriwayatkan dari Imam Ridha, “Barang siapa yang beristighfar kepada Allah Yang Maha Pemberi berkah lagi Mahatinggi di bulan sya’ban sebanyak 70 kali, Allah akan ampuni dosa-dosanya walau dosa-dosanya itu sebanyak bintang-bintang di langit.”

3. Bersedekah

Kaum muslim juga dianjurkan bersedekah walaupun dengan separuh buah kurma agar mengharamkan jasadnya dari api neraka.

4. Membaca Doa Ini 1000 Kali:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ

Laa ilaha illallah wa laa na’budu illa iyyah

Artinya: Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah.

Dengan membaca lafal doa di atas, diyakini pahalanya bagaikan beribadah 1000 tahun.

5. Mengerjakan Salat Dua Rakaat Setiap Kamis

Mengerjakan salat dua rakaat setiap Kamis dengan membaca surat al-Fatihah sekali dan dilanjutkan dengan membaca surat al-Ikhlas 100 kali pada setiap rakaatnya. Setelah salam membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya 100 kali.

Dengan amalan ini, Allah akan memenuhi kebutuhan agamanya dan dunianya.

Dianjurkan pula berpuasa, sebagaimana disebutkan dalam hadits, “Langit mendadani dirinya pada setiap Kamis bulan sya’ban, dan para malaikat mengatakan, “Wahai Tuhan kami, ampunilah dosa orang yang berpuasa di dalamnya dan kabulkanlah doanya.”

6. Memperbanyak Sholawat

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *