Baca Surat Yasin Tiga Kali selama Nisfu Sya’ban: Ini Dalil dan Keutamaannya

Baca Surat Yasin Tiga Kali selama Nisfu Sya'ban
Baca Surat Yasin Tiga Kali selama Nisfu Sya'ban
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idNisfu Sya’ban merupakan malam yang sangat dinantikan di bulan Sya’ban. Amalan yang bisa dilakukan pada malam Nisfu Sya’ban adalah membaca surat Yasin sebanyak tiga kali.

Tanpa disadari, umat Islam kini telah memasuki ke bulan Nisfu Sya’ban, salah satu bulan mulia dalam kalender Islam. Ada beberapa amalan yang dianjurkan bagi umat Islam untuk mencapai keutamaannya

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Perlu diketahui bahwa ada malam mulia di bulan Sya’ban yaitu malam ke-15 Sya’ban atau Nisfu Sya’ban. Dipercayai bahwa pada malam tersebut semua dosa dihapus oleh mereka yang meminta pengampunan.

Salah satu amalan yang dianjurkan pada malam Nisfu Sya’ban adalah membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali. Berikut ini dalil dan keutamaan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali saat Nisfu Sya’ban.

Dalil Membaca Yasin Tiga Kali Saat Nisfu Sya’ban

Dikutip dari laman resmi NU, surat Yasin merupakan salah satu surat yang mulia di dalam Al-Quran. Bahkan, Yasin menempati kedudukan mulia karena di dalamnya mengandung banyak nasihat dan pelajaran.

Membaca surat Yasin sebanyak tiga kali saat Nisfu Sya’ban yang kemudian diiringi dengan doa berupa keberkahan pada umur, harta, dan hajat-hajat lainnya pun diperbolehkan.

Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas al-Maliki menjelaskan hal tersebut secara detail, sebagai berikut:

لكن لا مانع أن يضيف الإنسان إلى عمله مع إخلاصه مطالبه وحاجاته الدينية والدنياوية، الحسية والمعنوية، الظاهرة والباطنة، ومن قرأ سورة يس أو غيرها من القرآن لله تعالى طالبا البركة في العمر، والبركة في المال، والبركة في الصحة فإنه لا حرج عليه، وقد سلك سبيل الخير (بسرط أن لا يعتقد مشروعية ذلك بخصوصه) فليقرأ يس ثلاثا، أو ثلاثين مرة، أو ثلاث مئة مرة، بل ليقرأ القرآن كله لله تعالى خالصا له مع طلب قضاء حوائجه وتحقيق مطالبه وتفريج همّه وكشف كربه، وشفاء مرضه وقضاء دينه، فما الحرج في ذلك…؟.. والله يحب من العبد أن يسأله كل شئ، حتى ملح الطعام وإصلاح شسع نعله

Artinya: Tapi tak ada larangan bagi seseorang yang mengiringi amal salihnya dengan permintaan dan permohonan hajat agama dan dunia, jiwa dan raga, lahir dan batin. Siapa saja yang membaca surat Yasin atau surat lainnya dengan ikhlas lillahi taala sambil memohon keberkahan pada usia, harta, dan kesehatan, maka hal itu tak masalah. Artinya, orang ini telah menempuh jalan yang baik (dengan catatan ia tidak meyakini bahwa amal salihnya itu disyariatkan secara khusus untuk hajat tersebut). Silakan membaca surat Yasin 3 kali, 30 kali, 100 kali, atau mengkhatamkan 30 juz Al-Qur’an secara ikhlas lillahi taala diiringi dengan permohonan atas segala hajat, doa agar harapan terwujud, permintaan agar dibukakan dari kebimbangan, pengharapan agar dibebaskan dari kesulitan, permohonan kesembuhan dari penyakit, permintaan kepada Allah agar utang terbayar. Lalu di mana masalahnya? Allah senang terhadap hamba-Nya yang bermunajat kepada-Nya atas pemenuhan hajat apapun termasuk hajat atas garam pelengkap masakan dan hajat atas tali sandal yang rusak. (Lihat Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas al-Maliki, Ma Dza fi Sya’ban? cetakan pertama, 1424 H, halaman: 119).

Keutamaan Membaca Yasin Tiga Kali Saat Nisfu Sya’ban

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *