Ini Jumlah Rakaat Salat Dhuha Menurut Sunnah dan Keutamaannya

Jumlah Rakaat Salat Dhuha
Salat Dhuha
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idSalat Dhuha merupakan amalan sunnah yang bisa dilakukan pada pagi hari tepat pada waktu Dhuha. Salat Dhuha ini merupakan salah satu amalan sunnah yang diajarkan oleh Nabi SAW.

Salat Dhuha berapa rakaat?

Dilansir dari detik, Rasulullah SAW mencontohkan Salat Dhuha bisa dikerjakan mulai dua hingga 12 rakaat. Masing-masing jumlah rakaat Salat Dhuha yang dikerjakan memiliki keutamaan berbeda.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa Salat Dhuha adalah Salat sunnah yang dikerjakan ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta. Waktu pelaksanaan Salat Dhuha ini berlangsung sejak terbitnya matahari hingga menjelang waktu sholat zuhur.

Dari Zaid bin Arqam berkata, “Nabi SAW keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang Salat Dhuha.” Ia bersabda, “Salat awwabin (duha’) berakhir hingga panas menyengat (tengah hari).” (HR Ahmad Muslim dan Tirmidzi)

Keutamaan Jumlah Rakaat Salat Dhuha

Salat Dhuha bisa dilaksanakan dalam jumlah rakaat yang berbeda, mulai 2-12 rakaat. Jumlah rakaat Salat Dhuha dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Mengutip buku Keberkahan Salat Dhuha, Raih Rezeki Sepanjang Hari Plus Ayat & Doa-Doa Pembuka Rezeki oleh Ustadz Arif Rahman, dalam hadits-hadits Rasulullah SAW disebutkan bahwa terdapat keutamaan dari masing-masing jumlah rakaat Salat Dhuha.

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam salah satu riwayat:

Diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi, dari Abu Dzar RA, beliau berkata, “Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Jika kamu Salat dhuha 2 rakaat maka tidak akan dicatat sebagai orang yang lalai, jika kamu Salat 4 rakaat maka akan dicatat sebagai muhsinin, jika kamu Salat 6 rakaat maka dicatat sebagai orang yang sering berdiri Salat , jika kamu sholat 8 rakaat maka dicatat sebagai orang yang sukses/beruntung, jika kamu sholat 10 rakaat maka dosamu tidak akan dicatat di hari itu, jika kamu Salat 12 rakaat maka Allah akan bangunkan rumah di surga bagimu.” (HR al-Baihaqi).

Niat Salat Dhuha

Setelah mengetahui jumlah rakaat Salat Dhuha, maka perlu diketahui juga niatnya. Meskipun bisa dikerjakan hingga 12 rakaat, ketika melaksanakan Salat Dhuha, maka harus melakukan salam setiap dua rakaat.

Berikut bacaan niat Salat Dhuha 2 rakaat:

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Arab-latin: Ushalli sunnatadh dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat Salat sunnah dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala,”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *