Murid SMA Nasima Upacara Bendera di Segara Wedhi Gunung Bromo

Murid SMA Nasima Upacara Bendera di Segara Wedhi Gunung Bromo
DI KAMPUS UNIBRAW MALANG: Peserta didik SMA Nasima Semarang foto bersama di halaman kampus Universitas Brawijaya setelah mengikuti kegiatan orientasi perguruan tinggi terbesar di Malang tersebut.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



MALANG, Hajinews.id – Sebanyak 66 orang murid Kelas XII SMA Nasima Semarang, belum lama ini mengikuti Eksplorasi, Live In, dan Ekspose Jelajah Nusantara (ELE-JN). Selama lima hari mereka menginap, menjelajah, dan mengeksplorasi objek-objek di Jawa Timur. Dibimbing enam guru pendamping para murid mengunjungi tiga perguruan tinggi di Malang, ziarah para wali, api unggun dan outbound di Taman Dolan Batu, serta upacara bendera di Segara Wedhi dan silaturahmi budaya dengan Suku Tengger di kawasan Gunung Bromo.

“Menumbuhkan motivasi dan strategi meraih mimpi studi lanjut di perguruan tinggi bagi kelas XII perlu kiat khusus menggapainya. Beberapa program dilakukan sekolah, salah satu yang apik dan menarik adalah melalui ELE-JN kali ini,” kata pemimpin rombongan yang juga Wakil Kepala SMA Bidang Administrasi dan Sarpras, Amalia Putri Rengganis MPd.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kami mengemas kegiatan komprehensif berupa kunjungan orientasi ke perguruan tinggi, outbound, jelajah budaya, serta ziarah ke makam aulia. Ikhtiar meraih cita-cita di masa depan perlu kerja keras yang diiringi dengan ikhtiar batin dan pembentukan karakter nasionalis agamais. Kelak ketika cita-cita itu tercapai, maka orientasinya adalah untuk memajukan bangsa dan selalu menerapkan akhlak al karimah,” kata Amalia.

ELE-JN merupakan program dilakukan setahun sekali oleh Sekolah Nasima sebagai implementasi kompetensi Nasima dalam aktivitas Jelajah Nusantara.  ELE-JN memfasilitasi peserta didik untuk mengeksplorasi dan berinteraksi lebih mendalam secara langsung serta mewujudkan berbagai karya di lingkungan sosial budaya yang beragam.

Objek pertama yang dikunjungi adalah Kampus Universitas Islam Malang (Unisma), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Universitas Brawijaya (Unibraw). Di Unisma rombongan SMA Nasima diterima Wakil Rektor Bidang Kelembagaan, Publikasi, dan Teknologi Informasi, Dr Ir Hj Istirochah Pujiwati MP.

Segala keunggulan Unisma dipaparkan Istirochah. Salah satunya adalah tentang karakteristik Unisma sebagai universitas NU terbaik yang maju dan modern dengan tetap melestarikan Islam Nusantara. Kemudian saat di UMM peserta didik langsung disambut dengan kegiatan psikotes bakat minat berbasis TI. Peserta didik langsung memperoleh laporan hasil tes berupa gambaran potensi dan motivasi yang sesuai dengan jurusan kuliah yang akan diraih. Sedangkan di Unibraw mereka diterima oleh Staf Ahli Unibraw, Windi Halim MSos. Menurut Halim banyak keunggulan di Unibraw yang bisa menjadi pilihan selain suasana di Malang yang sejuk dan nyaman.

Berziarah

Setelah kunjungan orientasi ke tiga kampus ternama di Malang, peserta ELE-JN berziarah ke Makam Habib Abdullah bin Abdul Qadir Bilfaqih di Kompleks Pemakaman Kasin, Malang.

Habib Abdullah merupakan ahli Al-Qur’an dan Hadits yang mempunyai garis keturunan dari Nabi Muhammad. Di makam tersebut peserta didik dipandu untuk melafal kalimat thayyibah dan doa untuk para aulia serta berharap mendapat barokah berupa segala kebaikan dan pertolongan.

Kegiatan ini mendorong peserta didik SMA Nasima untuk berikhtiar secara lahir dan batin dalam mencapai cita-citanya. ”Saya senang dan bersyukur berkesempatan ziarah dan berdoa di makam Habib Abdullah bin Abdul Qadir Bilfaqih. Semoga harapan saya diterima di perguruan tinggi idaman saya. Pun demikian dengan harapan teman-teman SMA Nasima semuanya,’’ kata Armadeo Riski Renjiro, kelas XII IPS.

Malam harinya, peserta ELE-JN SMA Nasima bermalam di kompleks Taman Dolan. Tempatnya tenang dengan nuansa bangunan kayu yang sederhana serta berada di dekat aliran sungai juga kebun nan hijau.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *