5 Amal Kebaikan Yang Akan Dibalas Dengan Syafaat di Hari Kiamat, Insya Allah Selamat

Amal Kebaikan Yang Akan Dibalas Dengan Syafaat
Hari kiamat. Foto: pixabay
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



هٰۤاَ نْتُمْ  هٰۤؤُلَآ ءِ  جَا دَلْـتُمْ  عَنْهُمْ  فِى  الْحَيٰوةِ  الدُّنْيَا   ۗ فَمَنْ  يُّجَا دِلُ  اللّٰهَ  عَنْهُمْ  يَوْمَ  الْقِيٰمَةِ  اَمْ  مَّنْ  يَّكُوْنُ  عَلَيْهِمْ  وَكِيْلًا

Itulah kamu! Kamu berdebat untuk (membela) mereka dalam kehidupan dunia ini, tetapi siapa yang akan menentang Allah untuk (membela) mereka pada hari Kiamat? Atau siapakah yang menjadi pelindung mereka (terhadap azab Allah)?” (QS. An-Nisa’ 4: Ayat 109).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.id Kiamat adalah keniscayaan. Umat Islam wajib meyakini, dan merupakan rukun iman kelima, percaya datangnya hari akhir.

Dalam ayat di atas, Allah SWT menegaskan, pada hari kiamat, tak ada ada yang menentang dan membela seseorang atau menjadi pelindung dari Azab Allah SWT. Ini menjadi pengingat bahwa kita butuh pertolongan Allah dan Rasul-Nya.

Pertolongan atau syafaat adalah kewenangan Allah SWT kepada siapa dan apa saja yang Dia kehendaki. Nabi Muhammad SAW dianugerahi keistimewaan itu.

Dengan melihat narasi mencekamnya kiamat, tiap orang dipastikan akan membutuhkan syafaat. Semua orang memikirkan keselamatannya sendiri-sendiri. Setiap orang tak sempat memperhatikan orang sekitar.

Kala itu, semua dikumpulkan pada suatu tempat yang luas. Padang Mahsyar namanya. Sejak Nabi Adam hingga manusia terakhir nanti akan berkumpul di situ. Amal saleh akan membuat kita lebih berpotensi besar mendapat syafaat.

Rasulullah SAW pernah mengabarkan kepada Aisyah, “Manusia dikumpulkan pada hari kiamat dalam tanpa alas kaki, telanjang, dan tidak berkhitan.” Aisyah bertanya, “Ya Nabi, laki-laki dan perempuan semuanya? Mereka akan saling melihat?” Nabi saw menjawab, “Hai Aisyah, urusan pada hari itu lebih dahsyat ketimbang melihat (aurat),” (Muttafaqqun alaih).

Saat itulah matahari didekatkan. Sehingga sangat panas. Maka kita butuh perlindungan dan syafaat. Perlindungan dan syafaat diberikan kepada yang dikehendaki-Nya.

Berikut ini adalah amalan atau perbuatan baik yang bisa diganjar syafaat di hari kiamat.

Perbuatan Baik dengan Ganjaran Syafaat di Hari Kiamat

Masih laman almasoem.ac.id, Al-Qur’an mengabarkan, “Dan takutlah kamu pada hari (ketika) tidak seorang pun dapat membela orang lain sedikitpun, sedangkan syafaat dan tebusan apa pun darinya tidak diterima dan mereka tak akan ditolong,” (QS Al Baqarah 48). Hanya Allah yang berhak memberi kewenangan siapa saja yang bisa memberi syafaat.

Rasulullah SAW bersabda, “Setiap nabi memiliki doa yang mustajabah. Maka tergesalah semua nabi menggunakan doa itu. Sesungguhnya aku telah menyimpan telah menyimpan doaku itu sebagai syafaat bagi umatku kelak pada hari kiamat. Doaku itu akan didapat kelak insya Allah oleh orang yang mati dari umatku yang mereka tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun” (HR. Muslim). Selain Nabi Muhammad, 5 amalan ini juga bisa memberi syafaat di hari kiamat atas izin Allah:

1. Sahabat karib dari sesama orang mukmin dan bertaqwa

Allah mengabarkan, “Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa” (QS. az-Zukhruf 67). Orang beriman sangat perhatian kepada sesamanya dan memohon kepada Allah untuk menolong saudaranya yang juga beriman.

Dalam hadis lain yang sangat panjang juga demikian. Ini ringkasan sabda Nabi saw itu, “Pada saat orang-orang mukmin telah terbebas dari neraka, maka demi Zat yang menguasai diriku, tidak ada orang yang sangat menaruh perhatian dalam meraih kebenaran, melebihi orang-orang mukmin yang mencari kebenaran kepada Allah demi kepentingan saudara-saudara mereka yang masih berada di neraka. Mereka berkata: Wahai Tuhan kami, mereka dahulu berpuasa bersama kami, salat dan beribadah haji. Lalu difirmankan kepada mereka: Keluarkanlah orang-orang yang kalian kenal. Maka wajah mereka diharamkan atas neraka.”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *