Mantan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin ditangkap

Muhyiddin Yassin ditangkap
Muhyiddin Yassin
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Mantan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin resmi ditangkap oleh Komisi Anti Korupsi Malaysia (MACC) pada Kamis (03/09/2023). Pria yang menjabat perdana menteri selama 17 bulan dari 2020 hingga 2021 itu akan menghadapi sejumlah dakwaan di pengadilan pada Jumat (10/3/2023).

MACC telah memeriksa Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu), yang juga pemimpin partai oposisi Perikatan Nasional, sejak Kamis pagi.

MACC mengumumkan bahwa Muhyiddin menghadapi beberapa tuduhan termasuk Undang-Undang Anti Pencucian Uang dan Undang-Undang Pendanaan Teroris. Muhyiddin juga dituduh melakukan penyalahgunaan kekuasaan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

KPK Malaysia menyelidiki dugaan setoran 300 juta ringgit atau sekitar Rp1 triliun lebih dari para kontraktor ke rekening Partai Bersatu. Uang itu merupakan imbalan atas proyek yang mereka dapatkan.

Muhyiddin membantah tuduhan itu dan menyebutnya bermotif politik yang bertujuan mencoreng namanya di kancah politik. Dia sempat diperiksa oleh MACC pada 18 Februari dan mengonfirmasi dirinya tak dijadikan tersangka.

Sebelumnya MACC telah menetapkan kepala bidang informasi Partai Bersatu Wan Saiful Wan Jan dan Wakil Ketua Divisi Segambut Adam Radlan Adam Muhammad sebagai tersangka atas tuduhan korupsi program Jana Wibawa. Program Jana Wibawa dibentuk pada November 2020 di bawah pemerintahan Muhyiddin untuk memberdayakan kontraktor pribumi yang berjuang di masa pandemi Covid-19.

Selain itu Bendahara Partai Bersatu Mohd Salleh Bajuri juga telah ditahan oleh MACC sejak pekan lalu untuk membantu pengungkapan pengeluaran dana partai.

MACC juga telah membekukan rekening politisi partai, termasuk Muhyiddin.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *