Dekat Karena Satu Alumni, ICW Minta Wakil Ketua KPK Terbuka Soal Rafael Alun

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata akhirnya mengakui bahwa dirinya kenal dekat dengan eks pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo (RAT). Ia mengaku, soal kedekatannya ini sudah disampaikan ketika rapat di internal KPK saat membahas kasus Rafael.

Marwata mengatakan, persoalan semacam ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, ia mengaku juga ada tiga orang temannya yang pernah digarap oleh KPK.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Meski satu angkatan lulusan dengan Rafael di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Marwata menegaskan bahwa dirinya tidak memiliki kepentingan apapun dengan Rafael. Termasuk dalam menangani kasusnya di KPK.

“Enggak ada benturan kepentingan. Saya enggak ada hubungan bisnis dengan yang bersangkutan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) mengklaim Alexander Marwata berkawan dengan eks Pejabat Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo yang saat ini sedang berurusan dengan KPK akibat kekayaan tak wajarnya terendus publik.

ICW menyebut, Marwata dan Rafael sama-sama alumni STAN angkatan 1986. Karena ada kedekatan, ICW mendesak agar Marwata membuka hal ini ke publik demi menghindari konflik kepentingan dalam pengusutan dugaan perkara pencucian uang yang dilakukan Rafael.

“Merujuk pada sejumlah informasi, salah satu Pimpinan KPK, Alexander Marwata, diduga lulus dari pendidikan STAN pada tahun yang sama dengan Rafael, yaitu tahun 1986. Bukan tidak mungkin relasi diantara keduanya dapat mempengaruhi pernyataan atau keputusan yang akan dikeluarkan oleh Alex,” kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhan lewat keterangan, Rabu (15/3/2023).

“Alexander harus secara terbuka mendeklarasikan potensi benturan kepentingannya kepada Pimpinan KPK lain dan Dewan Pengawas sebagaimana disebutkan dalam Pasal 10 ayat (3) huruf a PerKom 5/2019,” katanya menambahkan

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *