Duh! Viral Jemaah Umrah Telantar di Bandara YIA Kulonprogo

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Yogyakarta – Rombongan calon jemaah umroh diduga ditelantarkan biro perjalanan di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kabupaten Kulon Progo. Video jemaah yang terlantar itu viral di media sosial.

Video berdurasi sekitar 39 detik ini pertama kali dibagikan oleh akun Twitter @merapi_uncover pada Jumat (17/3/2023) sore tadi. Video itu ditonton belasan ribu kali.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam video itu tampak puluhan calon jemaah umroh terlantar di depan terminal keberangkatan YIA. Mereka mengenakan busana serba kuning dan hijau serta membawa koper biru.

“Ada sejumlah rombongan dari Rembang yg keleleran di Bandara YIA ga bisa naik pesawat karena penipuan biro perjalanan umroh…bironya mabari travel Rembang.”

“Aslinya jadwal keberangkatan jam 17.30 Tapi tiketnya belom ada,” tulis akun @merapi_uncover dilansir dari laman detikcom pada Sabtu (18/3/2023) malam.

Otoritas bandara saat dimintai konfirmasi wartawan membenarkan insiden tersebut.

“Iya benar tadi memang ada kejadian itu. Totalnya ada 38 jemaah. 36 dari Rembang dan dua orang dari Magelang,” kata Airport Operation, Services And Security Senior Manager YIA, Misranedi saat dimintai konfirmasi.

Misranedi menjelaskan rombongan ini awalnya hendak bertolak ke tanah suci lewat Bandara Juanda, Surabaya. Namun mereka ditolak oleh maskapai karena pihak biro perjalanan ternyata belum membeli tiket pesawat.

Kemudian, oleh biro perjalanan, rombongan ini diarahkan menuju Jogja untuk berangkat lewat bandara di wilayah ini. Di sinilah insiden penelantaran itu terjadi hingga viral di media sosial.

“Sebelumnya mereka ke Surabaya. Rencananya mau diberangkatkan dari Surabaya (Bandara Juanda). Kemudian mereka dibawa ke Adisutjipto oleh penyelenggara (biro perjalanan umroh). Tapi yang kita ketahui kalau di Adisutjipto nggak ada penerbangan internasional. Kemudian geser di YIA,” ujarnya.

Menurutnya ini merupakan miskomunikasi. Adapun pihak biro perjalanan telah membawa rombongan itu untuk menginap di hotel sekitar bandara sembari mencari solusi atas persoalan ini.

“Tadi sekitar pukul 18.00 WIB, sudah keluar dari YIA,” kata dia.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *