Memakan Biaya Triliunan, Ini Bandara Mangkrak Dari Berbagai Belahan Dunia

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Membangun bandara besar terkadang seperti dua sisi mata uang. Jika tepat, bandara bisa sangat menguntungkan seperti dapat membantu mobilitas masyarakat, pariwisata dll.

Namun jika tidak tepat, bandara tersebut bisa jadi terbengkalai dan tak terpakai. Padahal, membangun bandara perlu biaya miliaran dan prosedur yang tidak sederhana.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dikutip dari Stuff, berikut daftar lima bandara yang mangkrak dari berbagai belahan dunia. Penyebab mangkraknya pun bermacam-macam, mulai dari sepinya pelanggan hingga pembangunan di wilayah yang tak tepat.

1. Bandara Internasional Mattala Rajapaksa

Bandara yang dibuka pada 2013 ini terletak di Mattala, Sri Lanka dengan Kode International Air Transport Association (IATA) yakni HRI.

Pembangunan Bandara Internasional Mattala Rajapaksa mencapai angka $342 juta (sekitar Rp5,2 triliun) dengan kapasitas pelancong sebanyak satu juta per tahun. Namun, pada 2021 bandara ini hanya mampu memeroleh 26 ribu pelancong.

Kesuksesan awal bandara ini dengan cepat mereda saat maskapai penerbangan meninggalkannya lantaran kurangnya permintaan pelanggan. Tidak banyak di daerah itu yang menarik wisatawan.

Bandara itu saat ini digunakan oleh maskapai domestik Sri Lanka Cinnamon Air, serta beberapa penerbangan charter. Ada harapan bahwa bandara tersebut akan melihat angka ‘rekor’ tahun ini, meskipun itu dari basis yang cukup rendah.

2. Bandara Internasional Nacala

Bandara yang dikembangkan kembali pada 2014 ini berada Nacala, Mozambik dengan kode IATA: MNC. Pembangunanya diperkirakan dari $130 juta (sekitar Rp2 triliun) hingga $325 juta. Bandara tersebut diprediksi mampu menarik pelancong sebanyak 500 ribu per tahun. Namun, hanya mampu memeroleh sebanyak 20.000.

Dibangunnya kembali Bandara Internasional Nacala karena diharapkan bisa membantu menghidupkan kembali sudut timur laut negara Afrika itu, namun hal itu belum terealisasikan.

Brasil pun telah mengeluarkan biaya besar untuk pembangunnya. Sayangnya, bandara ini sepi pengunjung meski sempat dibuka dengan begitu meriah oleh Presiden Mozambik Armando Guebuza.

Hampir tidak ada penerbangan dalam tiga tahun pertama usai pembangunannya. Penyebabnya boleh jadi karena hanya ada satu maskapai penerbangan (LAM Mozambique Airlines) dan satu tujuan (Maputo) yang terdaftar.

3. Jetport Everglades
Bandara ini terletak di Florida, Amerika Serikat dengan kode IATA: TNT. Adapun pembangunnya dimulai sejak 1968, namun tak pernah selesai.

Semula, bandara ini dibangun untuk arus lalu-lintas pesawat concord dan jet supersonik yang suaranya bisa sangat mengganggu. Maka dari itu, bandara ini pun dibangun di tengah rawa.

Selain itu, dibangun pula landasan pacu raksasa untuk menampung pesawat tersebut. Sayangnya, setelah itu pembangunan bandara terbengkalai lantaran adanya masalah lingkungan.

Konstruksi pun dihentikan pada tahun 1970.

Saat ini bandara tersebut bernama Bandara Pelatihan dan Transisi Dade-Collier dan selain landasan pacu, hanya ada trailer dengan kantor di dalamnya. Bandara itu telah digunakan di masa lalu sebagai fasilitas pelatihan pilot, dan juga untuk acara mobil berkecepatan tinggi.

4. Bandara Ho
Bandara ini berada di Ho, Ghana dengan kode IATA: HZO. Pembangunanya dimulai pada 2021 dengan biaya sekitar $41 juta (sekitar Rp641 miliar). Sebanyak 150 ribu pelancong per tahun diprediksi menyambangi bandara tersebut.

Akan tetapi, bandara itu ternyata hanya mampu menarik kurang dari 1000 pelancong.

Setelah peletakan batu pertama pada 2015, pembangunan selesai pada 2017. Namun, tak ada aktivitas komersil di bandara tersebut hingga 2021.

Maskapai datang dan pergi dan kemudian berhenti sama sekali pada awal 2022. Belakangan, laporan media lokal menyebut bandara akan coba dihidupkan kembali jelang perayaan Hari Kemerdekaan Ghana ke-66.

5. Bandara Internasional Ciudad Real
Bandara ini terletak di Ciudad Real, Spanyol dengan kode IATA: CQM. Pembangunan dimulai pada 2009 dengan biaya senilai $1,9 miliar (sekitar Rp29 triliun).

Sebanyak 2 juta pelancong diprediksi melakukan aktivitas penerbangan di bandara tersebut setiap tahunnya. Namun, tak ada satu pun pelancong yang datang.

Bandara Internasional Ciudad Real dibangun untuk membantu meringankan tekanan di Bandara Barajas di ibu kota, Ciudad Real. Akan tetapi, rentetan masalah justru mendera bandara tersebut

Mulai dari masalah lingkungan, stasiun kereta api yang tidak pernah dibangun, krisis keuangan di Spanyol dan kerumitan perjalanan dua jam ke Madrid. Rimbunan masalah itu membuat bandara Internasional Ciudad Real dijauhi penumpang.

Pemerintah Spanyol mencoba menjual bandara ini di pelelangan. Akan tetapi, hal itu tak membuahkan hasil karena sepi peminat.

Yang sedikit menggembirakan, bandara ini merupakan tempat lokasi pengambilan gambar iklan Volvo di mana Jean-Claude Van Damme melakukan split di antara dua truk yang bergerak.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *