Humor Gus Dur: Kapan Indonesia Masuk Piala Dunia?

Kapan Indonesia Masuk Piala Dunia?
Gus Dur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Presiden keempat Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur dikenal sering melontarkan lelucon. Humor ini bisa membuat orang tertawa dan juga meredakan ketegangan politik saat itu.

Saah satunya adalah kisah tentang Piala Dunia. Gus Dur kerap ditanya mengenai prediksi sepak bola karena dikenal mempunyai daya analisis yang tinggi mengenai pertandingan sepak bola.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Piala Dunia terakhir yang cukup mendapat perhatian Gus Dur adalah Piala Dunia 2006 di Jerman. Ketika Piala Dunia 2006 sudah mencapai beberapa pertandingan penyisihan grup, Gus Dur pun tak luput dari pertanyaan siapa kira-kira yang masuk final.

“Gus, yang masuk final kira-kira siapa ya?”, tanya seseorang.

“Ya, pokoknya kalau nggak Argentina, Jerman, Brasil, ya Prancis,” jawab Gus Dur.

Dari salah satu negara yang disebutkan Gus Dur, Prancis mencapai final sebelum dikalahkan Italia lewat babak adu penalti. Namun, Piala Dunia 2006 berefek negatif bagi Gus Dur. Sebab Gus Dur menderita paru-paru basah karena sering begadang menyaksikan pertandingan turnamen empat tahunan itu.

Gus Dur memang terbilang jarang absen dalam menyaksikan gelaran Piala Dunia 2006 di Jerman. Gus Dur juga pernah menjadi komentator.

Namun, hobi begadang untuk menonton pertandingan tersebut berimbas negatif pada dirinya. Gus Dur bahkan sempat mendapat perawatan di RSCM karena kondisi kesehatannya menurun. Diagnosa dari dokter menyebutkan bahwa Gus Dur menderita paru-paru basah.

Gus Dur sendiri membenarkan kondisinya itu. Menurut tokoh politik NU ini, penyakitnya itu bisa mengancam kesehatan jantungnya.

“Paru-paru basah ini dikhawatirkan mengganggu jantung saya,” ujar Gus Dur kala itu di kantor Wahid Institute, Jalan Taman Hamzah, Jakarta Pusat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *